CSR Corner zkumparan

Allianz Berikan Pelatihan Keuangan kepada 15 Ribu Pelajar

Allianz Berikan Pelatihan Keuangan kepada 15 Ribu Pelajar

Dilatarbelakangi oleh data yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2018, di mana baru ada sekitar 31% masyarakat Indonesia yang melek keuangan. Allianz menggelar pelatihan perencanaan keuangan kepada para pelajar usia remaja. Program ini bertujuan untuk ikut mendukung program pemerintah dalam meningkatkan literasi keuangan di kalangan generasi muda.

Sebelumnya, pada akhir tahun 2018 lalu, Allianz Indonesia baru saja menyelesaikan program Corporate Social Responsibility (CSR), yakni My Finance Coach (MFC), program literasi keuangan yang diprakarsai oleh Allianz Group tahun 2010 dan telah diimplementasikan oleh kantor Allianz di berbagai negara, serta mulai dijalankan oleh Allianz Indonesia sejak tahun 2011.

Selama tujuh tahun pelaksanaanya, program ini telah menjangkau lebih dari 15.000 peserta yang terdiri dari 14.896 siswa SMP dan SMA, dari 93 sekolah, di 9 kota di Indonesia, dan diakhiri dengan program final di tahun 2018 yang diberikan kepada kurang lebih 1.500 siswa SMA dan SMK se-Jabodetabek.

“Melalui MFC, kami berkomitmen dalam memberikan literasi dan edukasi keuangan secara konsisten kepada remaja.” Karin Zulkarnaen, Head of Market Management, Allianz Indonesia. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan keuangan, mengurangi kebiasaan belanja impulsif, membantu merencanakan keuangan dengan cara sederhana, serta memahami produk-produk keuangan kepada generasi muda.

Program MFC melibatkan partisipasi sukarela karyawan dan mitra bisnis Allianz, sebagai Finance Coach, dalam mengajar literasi keuangan kepada siswa. Para Finance Coach sebelumnya telah mendapatkan pelatihan untuk setiap materi yang akan diajarkan ke para siswa.

Pada pelaksanaannya di setiap tahun, program MFC terdiri atas 3 kali pertemuan, dimana modul pelatihan yang mereka dapatkan meliputi modul Cara Pintar Berbelanja, Perencanaan Keuangan, Menabung, dan Investasi. Di setiap akhir tahun program selalu dilakukan pengukuran terhadap para pelajar peserta pelatihan. Hasilnya, terjadi peningkatan yang positif sebanyak 17% pada level behavioral. Para siswa mengakui sudah mulai rajin menabung dan melakukan kegiatan pengelolaan keuangan sederhana, seperti membuat pos-pos pengeluaran untuk makan, transportasi, dan hiburan.

Selain itu, perusahaan juga memberikan bantuan berupa pojok baca kepada delapan SMA/SMK di Jabodetabek yang telah menjadi mitra Allianz. Bantuan yang diberikan berupa lemari baca, karpet, beanbag, serta buku-buku bacaan yang berkaitan tentang dunia wirausaha, pengembangan diri, dll. Hal ini bertujuan untuk membantu meningkatkan minat baca para siswa di Indonesia, yang menurut penelitian Most Literate Nation in The World 2016, masih sangat rendah.

“Kami akan terus melakukan program CSR pelatihan perencanaan keuangan lainnya yang bisa terus bermanfaat dan diterapkan dalam kehidupan para siswa sehari-hari, yang juga untuk mendukung target pemerintah untuk mencapai target indeks literasi keuangan sebesar 35% di tahun 2019,” tutur Karin.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved