CSR Corner zkumparan

Apresiasi Mitsubishi Fuso untuk Sopir Truk

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor dari Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC), memperkenalkan program sosial #Fusokontribusi sebagai lanjutan dari kampanye apresiasi #Terimakasihsupirtruk yang tengah viral dibicarakan masyarakat.

Program sosial ini dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian acara Roadshow Mitsubishi Fuso dan Iwan Fals menggunakan truk panggung FE 74 Long di 10 kota, yang berlangsung mulai November 2017 hingga Februari 2018.

Hingga saat ini, roadshow tersebut telah menyambangi empat kota, dimulai dari bagian Timur Indonesia yakni Denpasar Bali, kemudian berlanjut ke Semarang, Cirebon dan Serang. Dari perjalanan tersebut, terdapat fakta bahwa banyak sopir truk yang kurang mendapatkan apresiasi atas jasa yang telah mereka berikan.

Padahal, truk berperan penting dalam mengangkut berbagai barang kebutuhan masyarakat dan pembangunan. Tanpa truk sebagai kendaraan angkutan, distribusi barang dan material akan terhambat dan akibatnya pembangunan Indonesia akan terhambat.

Namun demikian, ada sosok penting yang seringkali dilupakan, yaitu sopir truk, yang menggerakkan dan menjalankan fungsi dari setiap truk. Kontribusi sopir truk kepada kehidupan masyarakat sehari-hari, harus diakui, selama ini kurang mendapatkan apresiasi.

Untuk itu, KTB mencoba membangkitkan kepedulian dan simpati masyarakat atas kerja keras serta peran supir truk dalam kehidupan dan pembangunan dengan membuat video kampanye sosial #Terimakasihsupirtruk yang akhirnya menjadi viral di jagad digital dan media sosial dalam 2 minggu terakhir.

Duljatmono, Direktur Marketing KTB, mengatakan, kampanye sosial ini akan berlanjut pada tahap selanjutnya di mana KTB mengajak masyarakat untuk berpartisipasi pada sebuah program social bertajuk #Fusokontribusi.”

Hanya dengan memposting tagar #Fusokontribusi di media sosial, masyarakat akan menyumbang Rp10 ribu untuk beasiswa yang akan diberikan kepada anak-anak sopir truk Mitsubishi Fuso.

Rencananya KTB akan memberikan beasiswa kepada 11 anak sopir truk yang berasal dari 10 kota yang disambangi Mitsubishi Fuso dan Iwan Fals selama roadshow berlangsung.

Adapun beasiswa yang diberikan setara dengan tiga tahun jenjang pendidikan tingkat Sekolah Menengah Atas. KTB berharap dengan membantu keberlangsungan pendidikan anak-anak supir truk, dapat menjadi sebuah apresiasi berharga atas setiap keringat dan kerja keras para sopir truk yang telah mempermudah kehidupan masyarkat serta berkontribusi pada proses pembangunan negeri.

“Atas kontribusi yang diberikan para sopir truk, kini saatnya kita memberikan apresiasi yang sepantasnya kepada mereka. Hanya dengan sebuah langkah kecil memberi tagar #Fusokontribusi, akan sangat berharga keberlangsungan pendidikan anak-anak mereka” tutur Duljatmono.

Bersama dengan duta merek Mitsubishi Fuso, yaitu Iwan Fals, kampanye ini bertujuan untuk menciptakan perspektif baru tentang betapa pentingnya peran sopir truk. Karena bagi Mitsubishi Fuso sendiri, mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang mengarahkan Mitsubishi Fuso ke posisinya, sebagai truk yang mendominasi pasar colt diesel sebesar 45,4% dan sukses dinobatkan sebagi populasi terbesar melalui penghargaan MURI “Penjualan Truk Terbanyak di Indonesia”.

www.Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved