CSR Corner

BSM Gelar Pelatihan Pengelolaan Masjid

BSM Gelar Pelatihan Pengelolaan Masjid

Bank Syariah Mandiri (BSM) bekerja sama dengan LAZ BSM Umat mengadakan Pelatihan dan Studi Banding Pengelolaan Masjid menuju Sertifikasi ISO 9001 tanggal 5-6 April 2017 di Yogyakarta. Pelatihan ini merupakan rangkaian program BSM Mengalirkan Berkah yang menjadi salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) BSM dan LAZ BSM Umat.

Senior Executive Vice President (SEVP) BSM, Ade Cahyo Nugroho, menyampaikan, melalui program BSM Mengalirkan Berkah, pihaknya mengajak seluruh stakeholders termasuk nasabah untuk menciptakan nilai tambah dalam bisnis sehingga dengan nilai tambah tersebut dapat memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Sejalan dengan pilar pelaksanaan CSR BSM yaitu spiritualisme, nasionalisme dan kesejahteraan, kami concern pada pengelolaan manajemen masjid yang sudah seharusnya dilakukan secara professional. Keberadaan masjid di tengah masyarakat memiliki makna strategis untuk meningkatkan spiritual, pendidikan dan sosial ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Pelatihan ini diikuti 42 peserta perwakilan 21 masjid binaan Kantor Cabang dan Region BSM di seluruh Indonesia. Selama pelatihan, peserta akan mendapatkan pemahaman service excellent kepada jamaah, pengenalan SOP pelayanan berbasis ISO, strategi pemberdayaan masjid dan manajemen keuangan masjid. Selain itu, peserta akan diajak studi banding ke Masjid Jogokariyan yang sering menjadi inspirasi dan rujukan bagi masjid-masjid lain dalam hal manajemen pengelolaannya.

Sementara itu Direktur Eksekutif LAZ BSM Umat, Rizqi Okto Priansyah, menjelaskan, tujuan pelatihan adalah untuk menjadikan setiap masjid yang berada di lingkungan kerja BSM sebagai pusat dari segala kegiatan, sehingga di perlukan peningkatan kapasitas pengurus masjid dalam mengatur aktivitas masjid.

“Saat ini baru ada 2 masjid dari total 850.000 masjid di Indonesia yang telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001. Insya Allah setelah Yogyakarta, kami akan melakukan pelatihan sejenis di kota-kota lain,” ujarnya.

Ade berharap melalui pelatihan ini, kami ingin berperan aktif dalam mendukung masjid menuju sertifikasi ISO 9001. Dan ke depannya manajemen dan operasional masjid dapat menjadi pusat kegiatan masyarakat sehingga mampu menjadi masjid yang berdaya guna menuju umat yang lebih sejahtera sekaligus memenuhi praktik pengelolaan yang sesuai standar internasional.

Editor : Eva Martha Rahayu


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved