Cara JIEP Peringati Hari Lahir Pancasila Saat Ramadhan

Guna memperingati Hari Pancasila yang jatuh pada Kamis, 1 Juni 2017, PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) menggelar sejumlah program dalam Pekan Pancasila, termasuk doa & renungan untuk Indonesia, Sahur Bersama KAWAN (Kawasan Ramadhan) JIEP, serta Berbagi Hati Merah Putih.

Renungan & sahur bersama yang berlangsung di Masjid Jiep Baitul Hamd, Kawasan Industri Pulogadung ini adalah hasil kolaborasi dan sinergi antara JIEP dengan BUMN, antara lain PT Damri, Karang Taruna, Remaja Masjid, Pramuka, Koperasi & Bank Sampah Mekar.

Dr. Deny Hamdani, yang tampil sebagai penceramah dalam acara Saur Bareng ini menegaskan, sebenarnya syariat Islam sudah diterapkan di Indonesia. Karena, umat Islam dengan tenang menunaikan shalat, zakat dan syariah lainnya.

“Selama perbuatan kita tidak bertentangan dengan ajaran Islam yang prinsip, maka dipersilakan. Karena itulah Islam di Indonesia dapat berkembang baik dengan cara-cara yang dilakukan Walisongo. Penyebaran Islam oleh Walisongo melalui pendekatan budaya,”ujarnya.

Menurut Deny, Pancasila memang bukan agama. Namun, sila pertama Pancasila Ke-Tuhanan Yang Maha Esa menjiwai seluruh sila yang lainnya. Dengan demikian agama di Indonesia dapat berkembang baik.

Jadi Pancasila, kata dia, sudah lama didiskusikan dan diperbincangkan untuk kemudian dijadikan dasar negara. Dalam prosesnya terjadi kompromi-kompromi, termasuk dari kalangan umat Islam. Kompromi dalam hal muamalah dan siasah diperbolehkan, dan tidak ada rumusan baku dari Nabi Muhammad SAW. Hal ini antara lain terlihat dari kompromi Nabi Muhammad SWA ketika menyetujui perjanjian Hudaibiyah. “Ada beberapa permintaan/keberatan orang Quraisy yang diterima nabi,”ujarnya.

Sementara itu, Direktur Keuangan PT JIEP, Sitta Rosdaniah, mengatakan, dalam rangka memperingati dan menyelami Hari Kelahiran Pancasila, JIEO menyelenggarakan berbagai program sebagai upaya mengejawantahkan nilai-nilai Pancasila, guna meraih keunggulan menyongsong era Industry 4.0.

Jadi perayaan Pekan Pancasila dalam rangka menguatkan dasar-dasar Pancasila kepada para generasi muda, sehingga diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia khususnya di Kawasan Industri Pulogadung maupun masyarakat sekitarnya, dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan beraktifitas sehari-hari termasuk dalam membangun industri . “Ini menjadi modal besar bagi pembangunan ekonomi bangsa ke depannya,”paparnya.

Menurut Sitta, di JIEP, sejak awal bulan puasa, telah menggelar KAWAN JIEP, yaitu Kawasan Ramadhan JIEP, untuk menggalang solidaritas untuk komunitas di kawasan industri. Dalam program ini engagement dapat lebih kuat karena ada sinergi dan silahturrahmi komunitas industri di kawasan, warga sekitar ,serta sinergi BUMN, BUMD dan UMKM. ” Ya semoga yang JIEP lakukan ini, barokah untuk Indonesia,”ujarnya penuh harapan.

Penanggungjawab Acara Kawan JIEP, M.Abadi, menjelaskan, Pekan Pancasila industri JIEP, menghadirkan berbagai acara, seperti: Apel Merah Putih, lomba mewarnai & pemilihan Duta Pancasila Cilik untuk kawasan, Pancasila Ideas Gathering : Saya Indonesia saya Pancasila, Doa untuk Indonesia, Sahur Merah Putih, Kultum Cinta Tanah Air, Berbagi hati Merah Putih dan Bazaar Merah Putih. “Anak anak yang ikut berbagai kegiatan ini memiliki semangat luar biasa. Ya mari kita tanamkan nilai-nilai luhur Pancasila sejak dini,”ujarnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)