Coca-Cola Indonesia dan Unika Atma Jaya Dukung Suistanable City 

Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) bermitra dengan Unika Atma Jaya, membangun sebuah model percontohan rumah susun berorientasi lingkungan yang dinamai program “Green Rusunawa.”

Model percontohan ini mengintegrasikan pengelolaan air melalui pemanfaatan air hujan berupa sistem Rain Water Harvesting (RWH) atau metode pemanenan air hujan  dan pengelolaan sampah di Rumah Susun Sederhana Sewa atau yang dikenal dengan Rusunawa. Lewat sistem ini, 336.000 liter air dapat ditabung dan membantu 300 kepala keluarga untuk mendapatkan akses air bersih.

Model percontohan Green Rusunawa ini dikembangkan di 3 blok Rusunawa Muara Baru, di Wilayah Jakarta Utara. Pengembangan program ini sejalan dengan konsep pembangunan kota berkelanjutan yang menjadi salah satu fokus pilar pembangunan infrastruktur pemerintah, khususnya poin kesebelas dari Sustainable Development Goals / SDG.

Menurut Titie Sadarini, Ketua Pelaksana Coca-Cola Foundation Indonesia, program ini merupakan perluasan dari komitmen terhadap upaya konservasi serta penyediaan akses air bersih. “Belajar dari pengembangan sistem ‘memanen air hujan’ melalui beberapa program Rain Water Harvesting, kali ini kami mengaplikasikannya ke Rusunawa dan mengintergasikannya dengan tata kelola sampah yang berkelanjutan,” ujar Titie. Program ini dimulai tahun 2017 dan dilakukan dalam kemitraan antara CCFI dan PPM Unika Atma Jaya sebagai pelaksananya. Harapan program ini dapat memberikan manfaat langsung bagi warga serta menjadi acuan bagi upaya pembangunan Rusunawa yang berorientasi lingkungan.

Apresiasi diberikan Kepala Dinas Perumahan Rakyat & Kawasan Pemukiman Provinsi DKI, Agustino Darmawan. “Kami mengapresiasi konsep Green Rusunawa ini sebagai bentuk kolaborasi strategis antara dunia usaha, akademia, serta pemerintah dalam memastikan ketersediaan dan pengelolaan air bersih serta sanitasi yang berkelanjutan,” ujarnya. Hal ini merupakan contoh baik dalam pengembangan rumah susun yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan air hujan.

Menurut Rektor Unika Atma Jaya, Agustinus Prasetyantoko, program ini adalah contoh nyata sinergi positif untuk masyarakat kita. Pelaksanaan konsep ini menyentuh dua elemen penting, yakni pengelolaan air dan sampah. “Bukan saja memberikan akses air bersih bagi kebutuhan sehari-hari, tapi juga memberikan manfaat bagi lingkungan dan penghuninya secara lebih luas,” tambahnya.

Konsep Rain Water Harvesting (RWH) adalah bagian dari skema water project Coca-Cola Indonesia. Visi Global 2020 Coca-Cola terkait Water Neutrality, dimana perusahaan akan mengembalikan air kembali ke alam dan masyarakat sama dengan jumlah air yang terpakai didalam produk dan pada proses produksi. “Coca-Cola Indonesia menjadi salah satu negara pertama di dunia yang melampaui visi Water Neutral ini. Selain itu program Green Rusunawa juga berkaitan dengan semangat Coca-Cola mewujudkan World Without Waste," ungkap Titie.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!