CSR Corner

CSR Sushi Tei untuk Kelestarian Ekosistem Laut

CSR Sushi Tei untuk Kelestarian Ekosistem Laut

PT Sushi Tei Indonesia, pengelola brand Sushi Tei & Sushi Kiosk, jaringan restoran makanan khas Jepang di Indonesia, menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan tema kelautan yaitu From Sea To Sea. Tujuan utamanya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya menjaga kelestarian laut beserta ekosistemnya.

Pada kesempatan ini, Sushi Tei & Sushi Kiosk di area Jabodetabek mengajak pelanggan untuk ambil bagian. Caranya, membeli menu tertentu selama periode 1 – 31 Agustus 2019, pelanggan sudah menyisihkan Rp1.000 per menu untuk menjaga kelestarian laut.

Kegiatan CSR Sushi Tei itu diselenggarakan di Pulau Pramuka (Kepulauan Seribu) pada tanggal 21 September 2019 yang diikuti oleh seluruh jajaran direksi dan 200 karyawan. Kegiatannya meliputi penanaman 5.000 pohon bakau (mangrove), melepaskan tukik (anak penyu) kembali ke laut, dan penanaman terumbu karang di dasar laut.

“Kami sadar bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan dan sebagai sebuah restoran yang mayoritas menggunakan bahan baku dari hasil laut, kami perlu mengambil bagian dalam menjaga kelestarian laut dengan mengembalikan apa yang sudah diambil dari laut,kembali ke laut – From Sea to Sea” ujar Sonny Kurniawan, Direktur PT Sushi Tei Indonesia.

Alasan dipilihnya Kepulauan Seribu karena wajah pengelolaan perairan untuk kepulauan di Indonesia. Lokasinya yang berdekatan dengan pusat pemerintahan dan ibu kota negara menjadikan Kepulauan Seribu sebagai salah satu destinasi favorit untuk warga Jakarta bahkan seluruh Indonesia. Namun masalah terbesar yang terjadi saat ini adalah perubahan iklim dan tingginya tingkat pencemaran, yang mengakibatkan pengurangan dan kerusakan kawasan mangrove dan terumbu karang serta kehidupan biota laut di perairan tersebut.

Menurut Sonny, seluruh penghidupan di laut, baik langsung maupun tidak, bergantung pada keutuhan ekosistem terumbu karang dan ekosistem laut lainnya. Terumbu Karang berfungsi sebagai ‘jaminan’ ketersediaan ikan bagi laut. Artinya, wilayah sekitar Terumbu Karang adalah tempat berkembang biak sebagian besar ikan di laut. Nutrisi masyarakat dunia yang berasal dari protein ikan laut tergantung dari keberadaan terumbu karang. Begitu juga dengan Mangrove yang membentuk tempat perlindungan yang nyaman (tempat bertelur) bagi biota laut, khususnya udang, kepiting dan ikan. Sedangkan Penyu mempunyai peran penting dalam menjaga ekosistem laut yang sehat. Laut yang sehat akan menjadi habitat berjuta-juta ikan sebagai sumber protein penting bagi manusia.

“Kami berharap apa yang kami lakukan hari ini di Pulau Pramuka dapat membantu menjaga kelestarian laut beserta ekosistemnya. Kami persembahkan ini untuk seluruh masyarakat Indonesia agar bermanfaat bagi bangsa dan negara hingga anak cucu kita nanti,” ungkap dia.

Sebagai bagian dari kegiatan CSR, Sushi Tei menggandeng Green Edelweiss Foundation (GEF) yang merupakan non-profit organization dan sudah berpengalaman dalam melakukan kegiatan konservasi. Penyerahan sertifikat apresiasi secara simbolis diserahkan oleh Ayi Subing, Direktur Eksekutif Green Edelweiss Foundation kepada Sonny.

Sushi Tei hadir di Indonesia dengan outlet pertama di Plaza Indonesia, Jakarta pada tahun 2003. Dalam perkembangannya, saat ini, Sushi Tei telah memiliki 45 outlet yang tersebar di 10 kota besar di Indonesia, yaitu 24 outlet di Jadetabek, 4 outlet di Bandung, 4 outlet di Surabaya, 5 outlet di Medan, 2 outlet di Bali, 2 outlet di Makassar, 1 outlet di Yogyakarta, 1 outlet di Pekanbaru, 1 outlet di Batam, dan 1 outlet di Palembang. Pada April 2019, Sushi Tei juga sudah mengantongi Sertifikat Halal sehingga masyarakat Indonesia yang mayorit beragama Islam dapat dengan nyaman menyantap makanan Jepang.

Sementara itu, Sushi Kiosk hadir pertama kali di tahun 2010. Hingga saat ini, Sushi Kiosk berkembang dengan total 3 outlet yang tersebar di Jakarta dan Surabaya. Sushi Kiosk adalah restoran Jepang yang memiliki konsep grab and go, di mana customer dapat menikmati makanan Jepang yang segar.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved