CSR Corner zkumparan

Danamon dan Rumah Zakat Tingkatkan Kesadaran Sanitasi Masyarakat

Memperingati Hari Ulang Tahun Danamon Ke-61, PT Bank Danamon Indonesia Tbk. dan Rumah Zakat jalankan program Pos Kemandirian Sanitasi di Desa Labuan, Kabupaten Serang Banten.

Memperingati HUT Danamon ke-61, PT Bank Danamon Indonesia Tbk. (Danamon) dan Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) bekerja sama dengan Rumah Zakat menjalankan program Pos Kemandirian Sanitasi di Desa Labuan, Kabupaten Serang Banten (12/12/2017).

Danamon Peduli yang diwakili oleh Corporate Communications Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk., Atria Rai, menyerahkan dua unit sarana sanitasi yang terdiri dari 4 unit fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK) dan sarana akses air bersih pendukung kepada warga. Program Pos Kemandirian Sanitasi merupakan program berbasis masyarakat dengan mengubah perilaku sehat melalui pemberdayaan kesehatan masyarakat dengan metode partisipatif.

Masyarakat Desa Labuan dilibatkan langsung melalui kegiatan perencanaan maupun pelaksanaan. Tujuan dari program ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya sanitasi sekaligus meningkatkan akses terhadap fasilitas sanitasi yang pada akhirnya diharapkan menurunkan angka penyebaran penyakit khususnya diare.

Melalui pendampingan care community sanitasi, diharapkan Pos Kemandirian Sanitasi dapat menjadi solusi dalam permasalahan akan kurangnya sanitasi yang baik di wilayah masyarakat kurang mampu dan memberikan kesempatan untuk setiap keluarga mempunyai sanitasi yang baik.

Provinsi Banten merupakan provinsi di Pulau Jawa yang akses sanitasinya paling rendah yaitu sebesar 65.15%. Desa Labuan, Kabupaten Serang, Banten memiliki akses terhadap sanitasi terendah yaitu 44% dan akses kepemilikan jamban sehat hanya di angka 55% atau lebih rendah dari akses sanitasi Provinsi Banten atau bisa dikatakan yang terburuk akses masyarakat terhadap sanitasi sehat. Yayasan Danamon Peduli melalui Executive Director Yayasan Danamon Peduli, Restu Pratiwi, menyadari bahwa kebutuhan air bersih dan akses sarana sanitasi merupakan kebutuhan dasar setiap manusia.

Oleh sebab itu dalam rangka memaknai HUT Danamon ke-6, diterjemahkan nilai-nilai korporasi dan visi perusahaan ‘Kami Peduli dan Membantu Jutaan Orang Mencapai Kesejahteraan’ melalui program pengadaan sarana sanitasi yang dinamakan Program Pos Kemandirian Sanitasi.

“Upaya ini tidak saja menekankan pada pengadaan sarana sanitasi yang sehat, namun juga pada perubahan perilaku sehat dan kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan dan memelihara sarana sanitasi yang kami berikan demi mewujudkan masyarakat yang berperilaku hidup bersih sehat dan sejahtera” ujar Restu.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.Swa.co.id

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved