CSR Corner

Danone Communities Berinvestasi di Perusahaan Sosial Nazava Indonesia

Danone Communities Berinvestasi di Perusahaan Sosial Nazava Indonesia

Danone Communities, lembaga impact investment dan inkubator bisnis sosial untuk masyarakat berpenghasilan rendah, berinvestasi pada perusahaan sosial Nazava di Indonesia. Danone Communities telah memberi dampak pada 11 juta orang di seluruh dunia dengan meningkatkan akses air minum yang aman bagi masyarakat, sekaligus berkontribusi untuk mencapai tujuan global untuk Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang dicanangkan PBB, khususnya tujuan keenam yaitu akses air bersih dan sanitasi.

Investasi ini juga mendukung upaya-upaya yang dilakukan Pemerintah Indonesia untuk mencapai target 100% akses air minum layak dan 15% air minum aman di 20241, serta 100% akses air minum aman pada 20302.

Menurut data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), sekitar 2,2 miliar orang, atau 1 dari 3 orang di dunia, tidak memiliki akses air minum yang aman. Melihat pentingnya peningkatan akses masyarakat terhadap air minum, Danone Communities mengumumkan investasi terbarunya pada Nazava, sebuah perusahaan sosial yang memiliki misi menyediakan air minum yang aman dan terjangkau bagi siapapun dan di manapun dengan memproduksi dan menjual saringan air minum berkualitas tinggi dengan harga yang murah bagi rumah tangga.

Didirikan di Indonesia pada 2009 oleh dua warga negara Belanda, Guido van Hofwegen dan Lieselotte Heederik, Nazava menyediakan air minum bagi lebih dari 450 ribu orang berpenghasilan rendah dan menargetkan untuk menjangkau 2 juta orang pada tahun 2024.

Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, di mana 72% dari total populasi menggunakan air sumur sebagai air minum, dan sekitar 26 ribu anak-anak meninggal dunia rata-rata per tahunnya karena diare akibat mengonsumsi air minum yang terkontaminasi, Nazava telah mengembangkan model yang inovatif. Bekerja sama dengan perguruan tinggi lokal dan internasional, termasuk Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (UNPAD), dan Delft University Belanda.

Saringan air minum yang telah teruji secara global ini, didesain agar aspiratif dan mudah digunakan. Produk ini didistribusikan secara luas di Indonesia lewat jaringan penjualan Lembaga Keuangan Mikro (MFI), reseller, dan situs e-commerce. Secara keseluruhan saringan air Nazava memiliki dampak positif pada masyarakat

lewat cara berikut ini: meningkatkan kesehatan dengan cara mengurangi potensi penyakit yang menyebar lewat air. Lalu, mengurangi produksi CO2 karena tidak butuh merebus air dengan menggunakan energi fosil. Juga, mengurangi sampah dan menghemat pengeluaran barang sekali pakai untuk rumah tangga (hemat hingga Rp1.099.460/US$78 per tahun per rumah tangga). Bahkan, meningkatkan ketersediaan waktu pada rumah tangga (menghemat 2 jam per minggu per rumah tangga).

Terkait dengan investasi baru ini, Valerie Mazon, Business Development Waters Director Danone Communities, mengatakan, “Bagi Danone Communities, ini adalah kali pertama kami bekerja sama dengan perusahaan penyaring air rumah tangga, sekaligus kali pertama berkolaborasi dengan perusahaan asal Indonesia. Nazava memiliki cara-cara inovatif untuk menjangkau konsumen melalui jaringan lembaga keuangan mikro sehingga membantu semakin banyak masyarakat membeli penyaring air rumah tangga melalui skema cicilan yang terjangkau.”

Hal ini juga menjadi model keuangan hybrid, dengan menjual kredit karbon berkat pengurangan CO2. Danone Communities berdampak kepada lebih dari 10 juta orang, setiap hari. Melalui semua investasi yang dilakukan kepada perusahaan sosial di seluruh dunia, Danone Communities telah memberi dampak positif kepada lebih dari 11 juta orang setiap harinya.

Menandai investasi yang ke-10 dalam penyediaan akses air minum yang aman, Danone Communities memperkuat portofolionya terus mendukung solusi pengolahan air yang terdesentralisasi, mulai dari kios air, alat-alat penyaringan di sekolah-sekolah, hingga penyaring air rumah tangga. Keragaman solusi ini menjadi kunci untuk melayani 2 miliar orang yang masih belum memiliki akses air minum yang aman, serta menjadi jawaban untuk kebutuhan dan kebiasaan sesuai dengan budaya lokal.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved