Digital Gravitasi Indonesia Bantu Pariwisata Anyer untuk Bangkit

Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Serang Hamdani memberikan bantuan secara simbolis

PT Digital Gravitasi Indonesia, salah satu perusahaan di bidang event organizer mengajak seluruh lapisan masyarakat ikut berperan membangun kembali industri pariwisata Anyer. Setelah terjadi bencana tsunami Selat Sunda di akhir tahun 2018, kini area Tanjung Lesung, Pantai Carita dan area terjadinya bencana telah melakukan proses recovery.

Saat ini masyarakat siap membangkitkan kembali sektor ekonomi pariwisata yang menjadi tulang-punggung daerah sebelumnya. Akan tetapi, trauma bencana tsunami Selat Sunda masih menjadi hambatan bagi wisatawan lokal dan mancanegara untuk berkunjung, seperti pengakuan Mukhtarom, General Manager Villa Marina Anyer, “Dampak bencana tsunami, walau saat ini kondisi Anyer tidak berdampak langsung bencana, namun efeknya hingga membuat zero occupancy pada penginapan kami. Sebelum tsunami rata-rata okupansi hotel sekitar Anyer di kisaran 50-60%,” ujarnya dalam keterangan tertulis, (30/3/2019).

Sementara itu, pada 12 Februari 2019 lalu dari pemerintah pusat lewat Menteri Pariwisata Arief Yahya telah mengeluarkan statement “Selat Sunda Aman” untuk mendongkrak lokasi pariwisata Anyer, Pandeglang dan sekitarnya. Akibat dari low occupancy pasca bencana ini membuat sektor ekonomi pariwisata lesu dan tidak bergairah. Pengurangan SDM hingga 60%, yang mayoritas warga sekitarnya.

Untuk mendorong bangkitnya industri pariwisata Anyer, Digital Gravitasi Indonesia menggelar program Anyer Urban Festival 2019 yang dikemas untuk memeriahkan kawasan tersebut. Dengan acara utama olahraga fun bike dilengkapi dengan konten hiburan lainnya. Di samping itu Acara juga akan diisi dengan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari beberapa perusahaan seperti BCA, Villa Marina Anyer, BCA Insurance, United Bike, Bukit Arumdalu Anyer, Double Helix Indonesia, serta Lembah Hijau Bandulu.

Cherianto Yuliandry, Direktur PT Digital Gravitasi Indonesia, mengungkapkan, semoga dengan terwujudnya Anyer Urban Festival 2019 menjadi langkah awal untuk membangkitkan kembali kepercayaan wisatawan domestik dan internasional bahwa Anyer adalah salah satu lokasi wisata terbaik di Banten yang patut dikunjungi.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)