CSR Corner zkumparan

Go-Jek Salurkan Bantuan Korban Tsunami Banten dan Lampung

Go-Jek Salurkan Bantuan Korban Tsunami Banten dan Lampung

Zakaria Nurul Huda (tengah topi hijau), Kepala Perwakilan Go-Jek Serang, Cilegon, Pandeglang & Rangkas menyerahkan barang bantuan secara simbolik kepada Suhaedi Camat Panimbang di salah satu mesjid di Kecamatan Panimbang dijadikan posko untuk pengungsi pada 25 Desember 2018. (Foto : Go-Jek)

Go-Jek telah mengirimkan bantuan cepat tanggap tahap pertama untuk meringankan beban para warga yang terdampak oleh bencana tsunami Selat Sunda di wilayah pesisir pantai Banten, Selasa (25/12/2018). Total bantuan yang sudah dipersiapkan untuk didistribusi di wilayah pesisir pantai Banten dan Lampung Selatan mencapai 24 ton.

Barang bantuan tersebut terdiri dari berbagai kebutuhan seperti tenda darurat, makanan instan, pakaian anak, popok, air bersih, hingga perlengkapan untuk memasak. Dalam pendistribusian bantuan tersebut, Go-Jek bekerjasama dengan para pihak dari Dinas Sosial dan aparat pemerintah terkait di wilayah pesisir pantai Banten dan Lampung Selatan, untuk memastikan bantuan sampai ke pihak yang membutuhkan.

Becquini Akbar, Strategic Region Head Go-Jek Jawa Barat dan Banten, menyampaikan turut berduka cita pasca terjadinya bencana tsunami yang menimpa masyarakat di wilayah pesisir pantai Banten, termasuk yang parah dampaknya adalah di Pandeglang. “Kami sangat memahami bahwa banyak keperluan mendesak yang dibutuhkan masyarakat yang terkena dampak bencana. Oleh karena itu, setelah berdiskusi dengan berbagai pihak mengenai kebutuhan di lokasi, kami mengirimkan bantuan dalam periode tanggap darurat ini dengan harapan masyarakat yang terdampak bencana tsunami bisa terbantu dan semoga dapat kembali beraktivitas seperti sedia kala,” ujar Becquini dalam siaran pers yang dikutip SWA Online pada Rabu pekan ini.

Beberapa lokasi masih ada yang sulit dijangkau, oleh karenanya untuk tahap pertama distribusi bantuan untuk wilayah pesisir pantai Banten akan dilakukan oleh pihak dari Dinas Sosial. Dalam hal ini pihak Dinas Sosial adalah pihak yang berwenang terkait operasional distribusi barang bantuan dan mengetahui titik-titik dimana warga yang terdampak dari bencana tsunami ini berkumpul. “Ini untuk memastikan distribusi barang bantuan dapat terlaksana dengan akurat sampai tujuan,” sambung Becquini.

Tidak hanya di Pandeglang-Banten, Go-Jek juga akan mendistribusikan bantuan tahap selanjutnya ke wilayah Lampung Selatan yang juga merupakan area terdampak. Go-Jek berharap dengan pemberian bantuan pada masa tanggap darurat tersebut bisa membantu masyarakat untuk segera pulih dan berangsur dapat beraktivitas secara normal. Sebelumnya, pada saat terjadi bencana di Lombok, serta Palu dan Donggala, Go-Jek juga mengirimkan bantuan cepat tanggap ke lokasi terdampak di wilayah tersebut.

Go-Jek bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional dan Kitabisa.com mengajak partisipasi para penggunanya untuk berdonasi secara online. “Kami bersama dengan Baznas dan Kitabisa telah membuka donasi online ini sejak tanggal 23 Desember lalu. Alhamdulillah, per hari Selasa kemarin, donasi sudah mencapai lebih dari Rp 350 juta. Semua donasi yang terkumpul akan dimanfaatkan oleh Baznas untuk penyediaan layanan darurat, dapur umum dan air bersih serta penyediaan layanan kesehatan,” ujar Becquini.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved