CSR Corner

Kegiatan CR Cargill Indonesia Fokus Peningkatan Nutrisi di 2017/2018

Kegiatan CR Cargill Indonesia Fokus Peningkatan Nutrisi di 2017/2018

Cargill menyampaikan laporan Corporate Responsibility (CR) atau tanggung jawab perusahaan 2016 di Indonesia. Tujuannya, untuk menjelaskan berbagai program CR yang telah dilakukan oleh perusahaan sepanjang tahun 2014 – 2016 di Indonesia. Laporan ini menjelaskan program keberlanjutan, pembangunan masyarakat dan peningkatan nutrisi. Program peningkatan nutrisi akan menjadi fokus bagi kegiatan CR sepanjang tahun fiskal 2017/2018 (1 Juni 2017 sampai 31 Mei 2018).

“Tujuan Cargill adalah menyejahterakan dunia dengan cara yang aman, bertanggung jawab dan berkelanjutan dan laporan ini menjelaskan bagaimana upaya kami mewujudkan tujuan tersebut di Indonesia”, ujar Arief Susanto, Country Representative Cargill untuk Indonesia.

Program tanggung jawab perusahaan ini bertujuan untuk memperkuat kehidupan masyarakat di desa dan kehidupan para petani melalui peningkatan nutrisi, edukasi dan pembangunan infrastruktur sosial untuk mendukung Indonesia agar lebih makmur.

Beberapa program yang digarisbawahi dalam laporan ini, kata Arief adalah penanaman pohon di berbagai lokasi di Indonesia untuk mendukung keberlanjutan. Lebih dari 135.000 pohon ditanam sejak tahun 2014. Dan sudah mendekati target 150.000 pohon pada 2018.

Selain itu, kegiatan peningkatan nutrisi di sekolah-sekolah. Cargill telah memberikan lebih dari 17.000 paket makanan sehat ke anak sekolah di Indonesia.

Juga, meningkatkan kehidupan petani dan keberlanjutan. Cargill telah mendukung lebih dari 30.000 petani kelapa dan coklat untuk menerima sertifikasi UTZ. Cargill juga membangun komunitas. Cargill telah menyumbangkan hampir 60.000 buku, merenovasi 101 sekolah dan 55 perpustakaan, memberikan 899 beasiswa dan memberikan pelatihan bagi 191 guru sejak tahun 2014.

Untuk pembangunan komunitas dilakukan di Sumatera Selatan dan Kalimantan Barat di sekitar lokasi kebun kelapa sawit milik Cargill. Kontribusinya, melakukan pembangunan dan perbaikan 400 km jalan, renovasi 43 fasilitas publik, penyediaan 46 unit fasilitas air bersih dan kegiatan pelayanan kesehatan rutin bagi 12.345 anggota masyarakat.

“Program tanggung jawab perusahaan seperti yang telah kami lakukan di Indonesia akan dapat membantu mendukung dan meningkatkan masyarakat desa, tetapi kami tidak dapat melakukannya sendiri,” jelas Agung Baskoro, Corporate Responsibility Manager Cargill Indonesia.

Menurut Agung, pihaknya mendorong organisasi lain didalam industri dan para pemangku kepentingan untuk menjalin kerja sama, sehingga dapat memberikan hasil yang lebih besar dan lebih sukses.

Di tahun fiskal yang baru ini, Cargill bekerja sama dengan World Food Programme (WFP) untuk mengimplementasikan program bagi peningkatan kesehatan dan nutrisi di beberapa negara termasuk Indonesia. Kolaborasi Cargill dan WFP di Indonesia akan memberikan bantuan perkuatan bagi program nasional pemerintah dalam peningkatan gizi anak sekolah (PROGAS) melalui distribusi 76.000 paket makanan sehat untuk anak sekolah di tiga propinsi (Banten, Jawa Timur dan NTT). Cargill telah bekerja sama dengan WFP untuk program makanan sehat bagi anak sekolah di 62 negara selama 12 tahun terakhir.

Kepala Perwakilan World Food Programme Indonesia, Anthea Webb, menjelaskan, Cargill bersama dengan WFP membantu lebih dari 100.000 anak-anak di seluruh Indonesia untuk dapat menikmati sarapan bergizi di sekolah.

“Dengan mendukung Program Gizi Anak Sekolah milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kami membantu anak-anak sekolah tumbuh lebih pintar, sehat, dan sukses,” ungkapnya.

Cargill juga berkolaborasi dengan CARE International, kerja sama global Cargill dan CARE di 9 negara dilakukan untuk mendukung Sustainable Development Goals, program PROSPER di Indonesia bekerjasama dengan pemerintah lokal untuk memastikan 25 sekolah di Banten dan Makassar ditingkatkan fasilitas air bersih dan sanitasi nya dan untuk mempromosikan pola makan bersih dan sehat bagi 9.000 anak sekolah dasar, 300 guru, 1.200 orang tua dan 100 pegawai kantin sekolah. Program ini juga bertujuan menjangkau 25.000 anggota masyarakat untuk memilih makanan yang lebih sehat dan meningkatkan pola hidup bersih.

Helen Vanwel, Country Director CARE International Indonesia, mengatakan, CARE International Indonesia telah bekerja sama dengan Cargill dalam mempromosikan Program Sustainable and Food Secure World (PROSPER), meningkatkan layanan terhadap air, sanitasi dan kebersihan ke beberapa sekolah di Provinsi Banten dan Kota Makassar tahun lalu, dan CARE International Indonesia menghargai dukungan yang diberikan Cargill untuk anak-anak sekolah di Indonesia karena ini menunjukkan pandangan dan komitmen Cargill terhadap tanggung jawab sosial perusahaan secara nyata.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved