Pendaftaran Satu Indonesia Awards 2016 Dibuka

Acara penghargaan bertajuk Satu Indonesia Awards memasuki tahun pelaksanaan yang ketujuh. Satu Indonesia Awards diberikan bagi pemuda-pemuda yang berprestasi dan mempunyai kontribusi positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitarnya. Cakupan prestasi dan kontribusi yang dibutuhkan untuk mampu bersaing di ajang ini diklasifikasikan menjadi 6 kategori yaitu pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, kesehatan, dan teknologi. Kelima kategori tersebut ditujukan bagi individu sedangkan kategori terakhir adalah kategori kelompok.

Kick Off Satu Indonesia Awards 2016

Pada kick-off acara tersebut (8/3), pihak Astra International yang merupakan penyelenggara Satu Indonesia Awards mendatangkan beberapa pemenang dari ajang tahun lalu. Salah satunya adalah Tutus Setiawan. Dia berhasil meraih penghargaan di bidang pendidikan.

Tutus menggagas komunitas yang memberdayakan penyandang tuna netra bernama LPT (Lembaga Pemberdayaan Tunanetra). Komunitas tersebut berdiri sejak tahun 2003 dan kini lembaga tersebut menjadi wadah bagi penyandang tunanetra untuk belajar dan beraktivitas agar bisa eksis di masyarakat. Tamu lainnya pada acara peluncuran tersebut adalah dari kategori kelompok. Produk yang membuat mereka bisa memenangi ajang tersebut adalah Grombyang OS. Operating System untuk komputer yang bisa diunduh masyarakat secara gratis.

Secara keseluruhan, kegiatan ini akan berlangsung selama 7 bulan. Acara meliputi pembukaan pada tanggal 8 Maret 2016, penjaringan peserta yang berlangsung hingga 8 Agustus. Setelah peserta dipilah dari proses penjaringan, voting publik akan dibuka mulai dari 19 September hingga 19 Oktober 2016 dan hasilnya sekaligus penyerahan penghargaan akan dilaksanakan pada bulan Oktober nanti yang pelaksanaannya bertepatan dengan semangat suasana Sumpah Pemuda.

Sejak pertama kali diselenggarakan, jumlah pendaftar Satu Indonesia Awards tiap tahun makin meningkat. Mulai dari tahun 2010 yang hanya menarik 120 orang pendaftar, kini ajang tersebut mampu menarik hingga 2.071 orang peserta pada tahun 2015. Anda tertarik? Persyaratan untuk dapat mengikuti ajang tersebut cukup mudah. Yulian Warman, Head of Public Relations Division PT Astra International Tbk, menjelaskan, "Syarat bagi peserta untuk mendaftar dalam ajang ini adalah berusia maksimal 35 tahun, maksimal 3 orang, kegiatan atau produk yang digarap harus orisinal, kegiatannya telah berlangsung selama minimal 1 tahun, belum pernah menerima penghargaan nasional/internasional, dan bukan karyawan Grup Astra dan Tempo Media Group." (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)