Perum PPD Rayakan Hari Jadi ke-63

Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) baru saja melangsungkan acara peringatan HUT ke-63. Acara yang berlokasi di pool PPD yang berlokasi di Perum PPD dilaksanakan berbarengan dengan Halal Bihalal antara seluruh karyawan dan pimpinan perusahaan BUMN dalam bidang transportasi darat tersebut.

Manajemen PPD melepas puluhan merpati sebagai simbol harapan baik.

Acara yang digelar pada selasa kemarin (11/7) dibuka dengan pelepasan 63 ekor burung merpati yang diwakili oleh pimpinan manajemen bersama sejumlah karyawan sebagai simbol harapan pertumbuhan, perkembangan dan masa depan yang cerah bagi PPD saat ini dan di masa mendatang. "Enam puluh tiga tahun adalah simbol pengalaman melayani transportasi bagi Jakarta dan akan ada 63 tahun kedua, ketiga dan seterusnya yang lebih baik oleh generasi muda,” ujar Direktur PPD Tatan Rustandi dalam rilis yang diterima redaksi SWA hari ini (13/).

Lebih jauh Tatan mengungkapkan kini peranan PPD semakin makin penting dalam menunjang denyut kehidupan bagi Jakarta dan kota – kota satelit di sekitarnya.  Tatan menegaskan bahwa kota modern, serupa dengan kota-kota dunia, adalah yang warganya meninggalkan kendaraan pribadi dan beralih memanfaatkan layanan transportasi umum yang tersedia. "Jakarta segera akan seperti itu,” kata Tatan yang juga menggratiskan makan untuk para pengemudinya di kantin yang tersedia di setiap pool PPD.

Adapun saat ini PPD memiliki 704 unit bus. Setelah melayani jaringan bus BRT di mana PPD menjadi penyedia terbanyak dengan 600 unit bus, PPD melebarkan sayap dengan layanan dan segmen bisnis lainnya melalui pembentukan SBU.

Saat ini PPD mengoperasikan bus dalam segmen Transbusway dan Transjabodetabek. Keduanya merupakan bus untuk Transbotabek yang mengumpan penumpang dari Tangerang dan Bogor hingga ke halte BRT terdekat. Selain itu terdapat juga layanan bus dengan tujuan Bandara Soetta dari sejumlah mal di Jakarta sejak Mei lalu dengan nama JA Connexion.

Layanan JA Connexion membidik pebisnis maupun wisatawan yang banyak bepergian menggunakan pesawat dan menginginkan suasana tunggu yang berbeda, sehingga mendapatkan fasilitas transportasi yang praktis. Karena itu fasilitasnya pun cukup nyaman yang mencakup reclining seat, penyejuk ruangan sampai wifi gratis. Harga yang ditawarkan pun sangat murah untuk masa promosi saat ini, yakni Rp 25 ribu per penumpang. Adapun sampai akhir tahun 2017 PPD akan mengoperasikan tak kurang dari 200 bus untuk melayani JA Connexion.

 

Tidak hanya JA Connexion saja gebrakan anyar Perum PPD. Saat ini BUMN transportasi tersebut juga melengkapi kantor pusatnya dengan command center, pusat operasional yang dapat memantau pergerakan bus yang melayani JA Connexion.

Command center yang berlokasi di salah satu ruangan kantor pusatnya itu dilengkapi dengan layar monitor besar berukuran jumbo yang tersusun dari enam panel layar datar berukuran besar. Melalui command center tersebut PPD bisa memantau semua pergerakan busnya karena armadanya telah dilengkapi dengan perangkat pemosisian global (GPS) dan bahkan sensor yang bisa memantau perilaku berkendara pengemudi.

Adapun saat ini PPD ditenagai oleh 450 karyawan yang berada di kantor dan 1.067 pengemudi yang bersertifikasi nasional.

 

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)