PJB Ramaikan Bersih-bersih Ciliwung

Sungai Ciliwung masih merana. Kualitas air sungai yang kian hari terus menurun, memicu Kementerian Lingkungan Hidup dan Masyarakat Peduli Ciliwung (Mat Peci) untuk memulai Program “Gotong Royong Bersih Sungai Ciliwung”.

PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) Unit Pembangkitan (UP) Muara Tawar turut berpartisipasi bersama sejumlah perusahaan lain seperti PT Indonesia Power, PT Palyja, PT Frisian Flag, dan PT Holcim.

Ini adalah bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan walaupun unit PT PJB tidak secara langsung menggunakan sungai Ciliwung dalam proses bisnisnya. BUMN listrik ini adalah salah satu perusahaan yang telah menerapkan PROPER dalam proses bisnisnya.

bersih ciliwung

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Jakarta, sebagian besar air minum di Jakarta, Bogor, Karawang, Bekasi, Cilegon, dan Tangerang, telah tercemar bakteri seperti Coliform, Coli Tinja, dan sejumlah senyawa kimia.

Senyawa kimia ini berbahaya dan bisa menyebabkan penyakit kanker, tumor, hipertensi, gastrointestinal, gangguan reproduksi, kerusakan saraf, karies gigi dan kerusakan tulang, iritasi lambung, anemia, serta kerusakan otak.

Diperkirakan, sekitar separuh penyakit yang diderita masyarakat disebabkan oleh air minum yang tercemar, termasuk diare yang setiap tahun jumlah penderitanya meningkat serta menyumbang angka kematian tertinggi pada anak-anak yang paling rentan dan berisiko paling tinggi terserang penyakit ini.

Bahkan pada tahun 2010 tercatat sekitar 12 angka kematian yang diduga disebabkan oleh air yang tercemar. Infeksi yang terjadi akibat tercemarnya air, adalah diare yang disertai dengan dehidrasi, diare biasa, typhus, dan hepatitis A.

Dibanding dengan wilayah lain di Indonesia, Daerah Khusus Ibukota Jakarta merupakan daerah yang memiliki permasalahan lingkungan paling tinggi dan kompleks, karena menyangkut hampir semua aspek dan dimensi kehidupan masyarakatnya. Bahkan setiap tahun kadar, jenis, dan cakupannya terus menerus meningkat sehingga membuat kondisi menjadi semakin rumit.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)