CSR Corner

Program FSC Forest Week 2022 Diperkenalkan di Momen Hari Hutan Indonesia

Program FSC Forest Week 2022 Diperkenalkan di Momen Hari Hutan Indonesia

Untuk merayakan Hari Hutan Indonesia yang jatuh pada hari ini Tetra Pak Indonesia (Tetra Pak) dan Ircomm Norton Capital (Ircomm) memperkenalkan rangkaian program FSC Forest Week 2022 yang merupakan acara global tahunan dilaksanakan setiap akhir September.

Kegiatan yang dulu Bernama FSC Friday ini diinisiasi oleh Forest Stewardship Council (FSC) bagi para mitra dan stakeholder FSC di seluruh dunia yang bertujuan untuk memperkenalkan manfaat sertifikasi FSC bagi lingkungan dan kehidupan sehari-hari. FSC merupakan organisasi non-profit global yang mendorong keberlanjutan hutan di dunia melalui pengembangan sertifikasi hutan untuk memastikan produk hasil hutan bersumber dari hutan yang lestari dan dikelola secara bertanggung jawab.

Tetra Pak sebagai pemegang sertifikasi FSC bekerja sama dengan Ircomm sebagai mitra dan stakeholder FSC untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kegiatan FSC Forest Week 2022 dengan tema ‘Help The Forest’ . Tema ini berangkat dari premis, manusia membutuhkan banyak dari hutan dengan sumber dayanya, hutan mampu memberikan begitu banyak untuk manusia.

Reza Andreanto, Sustainability Manager Tetra Pak Indonesia mengatakan, Tetra Pak sebagau perusahaan global di bidang pemrosesan, pengemasan makanan dan minuman, memastikan bawah bahan baku kemasan kartonnya berasal dari hutan yang dikelola secara bertanggung-jawab dan sudah menjadi keharusan untuk terus berkomitmen pada praktek penerapan hutan lestari dan memastikan hutan tetap ada bagi generasi anak cucu kita.

Kegiatan edukasi ini, dilakukan karena meyakini bahwa konsumen perlu menyadari pentingnya pemilihan produk yang kemasannya berasal dari sumber daya terbarukan, yaitu hasil hutan yang telah tersertifikasi FSC. Di Indonesia, lebih dari 40 pemilik merek makanan-minuman dalam kemasan adalah merupakan pelanggan Tetra Pak, dan terbukti telah ikut bertanggung-jawab terhadap pemeliharaan sumber daya alam dengan memilih bahan baku kemasan yang rendah karbon, dapat diperbarui, dan mempraktekkan prinsip pengelolaan yang bertanggung-jawab.

“Kami berharap bahwa semua kemasan karton haruslah menggunakan bahan baku yang bersertifikasi FSC dan semua pemilik merk dapat menyampaikan kesadaran ini sebagai bagian dari upaya kita berperan serta dalam pemeliharaan bumi,” ujarnya.

Pada rangkaian FSC Forest Week 2022 akan berlangsung 26 – 30 September 2022. Rangkaian acaranya antara lain: FSC Fun Selfie Contest. Dalam program ini peserta diwajibkan untuk melakukan foto bersama dengan produk berlabel FSC lalu melakukan upload pada akun sosial media masing-masing dan pemenang utamanya akan mendapatkan 1 buah smartphone 4G. Program ini akan dirilis melalui sosial media pada akhir bulan Agustus dan ditutup hingga akhir bulan oktober 2022.

Kemudian, peluncuran FSC Forest Week Theme Song pada akhir Agustus 2022 yang dibawakan oleh grup band Kamar Jiwa. Disusul, FSC Video Creative Contest. Pada program ini peserta membuat video creative berupa edukasi terkait FSC melalui akun media sosial Reels Instragram atau TikTok menggunakan backsound lagu theme song FSC Forest Week 2022 Akar atau Belahan Cinta Dunia.

Tak ketinggalan acara FSC Cover Song Contest, talkshow Ceremonial FSC Forest Week 2022 dan webinar FSC Forest Week 2022. Webinar akan dilaksanakan pada tanggal 30 September 2022 yang pesertanya akan terlebih dahulu mendaftarkan diri secara gratis. Program Webinar akan diisi oleh para narasumber yang kompeten serta diisi dengan live performance grup band Kamar Jiwa.

Isra Ruddin, CEO Ircomm menambahkan, sebagai perusahaan swasta lintas industri yang memiliki perhatian terhadap praktek bisnis ramah lingkungan pihaknya berkomitmen untuk mengampanyekan manfaat produk bersertifikasi FSC melalui berbagai kegiatan untuk meningkatkan perhatian masyarakat tentang pentingnya lingkungan bagi kita.

“FSC Forest Week 2022 untuk mengajak masyarakat khususnya kaum milenial untuk lebih mengenali manfaat menggunakan produk berlabel FSC. Ircomm sebagai holding company mengajak seluruh anak usahanya untuk selalu terlibat dalam seluruh rangkaian kegiatan FSC di Indonesia, tiga di antaranya Big Records Asia, Norton Records dan JQ Composey,” jelas Isra.

Indra Setia Dewi, Manager Marketing & Communications FSC Indonesia menyampaikan, pihaknya menyambut baik inisitatif stakeholder FSC di Indonesia dalam mengadakan edukasi untuk meningkatkan kesadaran kepada masyarakat akan pemilihan produk-produk hasil hutan yang bertanggung jawab dan ramah akan lingkungan bersertifikasi FSC.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved