Punya Usaha Mikro? Yuk, Ikut CMA 2013!

citi indonesia cma 2013Usaha mikro telah banyak berdiri di Indonesia. Mereka pun perlu didukung agar bisa “naik kelas” ke level kecil, menengah, hingga besar. Bentuk dukungan itu bisa berupa sebuah ajang penghargaan, seperti yang dilakukan oleh pelaku perbankan, Citi Indonesia.

Tahun ini, Citi Indonesia, bersama dengan UKM Center FE UI, kembali menggelar ajang Citi Microentrepreneurship Award (CMA). Kegiatan itu adalah salah satu wujud nyata kepedulian Citi terhadap para pengusaha mikro, yakni mereka yang memiliki omzet tahunan di bawah Rp 100 juta.

“Citi Indonesia terus berkomitmen untuk menjalin sinergi dengan mitra-mitra strategis untuk membantu masyarakat di bidang finansial melalui dua cara, yaitu bimbingan bagi para UMKM, serta pendidikan keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat,” ujar Agung Laksamana, Country Corporate Affairs Head Citi Indonesia, di Jakarta, Rabu (28/8/2013).

CMA sendiri sudah diadakan sejak tahun 2005. Dari tahun itu, sudah ada 4.403 pelaku usaha mikro dari seluruh Indonesia yang berpartisipasi. Jumlah pemenang yang dihasilkan ada sebanyak 82 orang.

Ajang serupa kembali diadakan di tahun ini. Ada empat kategori yang akan diperlombakan, yaitu Wirausaha Mikro Perempuan, Wirausaha Mikro Berwawasan Lingkungan, Wirausaha Mikro Sosial, dan Wirausaha Mikro Pelestarian Kebudayaan. Akan ada dua pemenang untuk masing-masing kategori, dengan hadiah pertama sebesar Rp 20 juta, dan hadiah kedua Rp 15 juta. Dan bakal dipilih juga satu wirausaha mikro terbaik yang akan mendapatkan hadiah Rp 25 juta.

“Program CMA ini diharapkan dapat semakin meningkatkan semangat para pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha mereka,” tambah Agung.

Selain menyasar usaha mikro, CMA juga berupaya memerhatikan para Lembaga Keuangan Mikro sebagai pihak yang memberikan pinjaman bagi pengusaha UMKM. Karena itu, di ajang CMA kali ini, bakal dipilih juga LKM dengan program pembinaan UKM yang paling inovatif.

Sebagai tanda CMA 2013 sudah dibuka, pada hari ini, sebuah acara diskusi diadakan. Salah satu yang menjadi narasumber dalam diskusi adalah Suratinah, pemenang pertama CMA 2007 kategori kerajinan. Selain mengadakan diskusi, Citi Indonesia bersama UKM Center meluncurkan buku Merah Putih Usaha Mikro Indonesia, yang berisi cerita perjalanan para finalis CMA sejak pertama kali diadakan.

Dan, mulai tahun 2013, Citi Indonesia dan UKM Center mengadakan workshop di lima kota, yaitu Depok, Serang, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. “Workshop ini bertujuan untuk membina dan mendampingi pengusaha mikro peserta program dalam memajukan usaha yang mereka jalankan, selain sebagai sesi diskusi problem solving atas masalah yang mereka miliki dalam menjalankan usahanya,” ujar Sisdjiatmo K Widhaningrat, Kepala UKM Center FE UI. (EVA)

Leave a Reply

1 thought on “Punya Usaha Mikro? Yuk, Ikut CMA 2013!”

Kapan jadwal workshop d semarang y?
by Nugroho, 29 Aug 2013, 21:31

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)