Semangat Generasi Muda Untuk Berwirausaha Kian Membara

Minat anak muda Indonesia untuk berwirausaha dinilai kian menggelora. Apa buktinya? Jumlah peserta kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) dan Mandiri Young Technopreneur (MYT) tahun 2013 mengalami peningkatan cukup signifikan.

"Ada kurang lebih 6.745 peserta untuk Wirausaha Muda Mandiri," terang Pahala N Mansury, Direktur Finance & Strategy Bank Mandiri, di Jakarta, Senin (13/1/2014).

wirausaha muda mandiri

Ada kenaikan sekitar 2 ribu peserta dari tahun sebelumnya. Ribuan peserta itu berasal dari lebih dari 500 perguruan tinggi di Indonesia. Dari jumlah itu, hanya 54 orang yang menjadi finalis, yakni 26 peserta dari kategori mahasiswa dan 28 peserta untuk kategori alumni dan pascasarjana. Sedangkan, untuk ajang MYT diikuti oleh 837 tim. Dari ratusan tim itu telah terpilih 10 tim finalis, yang terdiri dari lima finalis teknologi digital dan lima finalis teknologi non digital.

"Jumlah peserta Wirausaha Muda Mandiri dan Mandiri Young Technopreneur tahun ini merupakan program yang paling besar (pesertanya)," lanjut dia. Besarnya jumlah peserta membuat persaingan untuk menjadi finalis pun cukup ketat. Pahala bahkan menyebutkan, kemungkinan menjadi finalis di bawah 1 persen dalam penyelenggaraan kali ini.

Pemberian penghargaan WMM dan MYT 2013 akan dilakukan pada Rabu (15/1) mendatang, di Istora Senayan. Selain acara ini, diadakan pula Wirausaha Mandiri Expo 2014 yang digelar selama tanggal 15-19 Januari. Sebanyak 136 wirausahawan muda dan mitra binaan Mandiri akan meramaikan acara tersebut. Bank BUMN ini pun menargetkan jumlah pengunjung bisa mencapai 50 ribu orang.

Di acara ini, para pengunjung diharapkan bisa mendapatkan pengetahuan seputar dunia wirausaha dari para pelaku bisnis, akademisi, dan pihak terkait lainnya, lewat berbagai macam talkshow. Mereka yang menjadi pembicara di dalam talkshow, antara lain, Jaka Wiradisurya (Founder Valadoo Tour&Travel), Denny Santoso (Startupbusiness.com), Christian Sugiono (Malesbanget.com), Leonard Theosubrata (interior dan fashion design), Bonda Prakoso (pemusik), Mira Lesmana (Miles Production), hingga Merry Riana (penulis dan motivator).

Selain itu, Bank Mandiri juga mengadakan kegiatan Workshop WMM yang bakal diikuti oleh 8.200 orang, yang terdiri dari 5.200 mahasiswa dan dosen dari 50 perguruan tinggi, dan 3.000 undangan yang mencakup alumni WMM, wirausaha pemula binaan Kementerian Koperasi dan UKM, hingga mitra binaan Bank Mandiri. Para peserta workshop bakal dipertemukan dengan sejumlah pembicara terkemuka, seperti Bill Reichert dari Garage Ventures.

"Program WMM dan MYT ini tidak hanya kebanggaan bagi Bank Mandiri, tetapi juga bagi bangsa Indonesia yang memiliki generasi muda kreatif dan mampu berkontribusi pada masyarakat sekitar," tandas Pahala. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)