CSR Corner

Sinergi Dompet Dhuafa dan MPPA Masuki Tahun ke-12

Sinergi Dompet Dhuafa dan MPPA Masuki Tahun ke-12

Dompet Dhuafa kembali bersinergi dengan perusahaan ritel multi format, PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA)> kolaborasi ini menghadirkan dua program utama, yaitu infak via kasir dan penguatan program pemberdayaan UMKM Dayamart.Program Infak Pelanggan via kasir melalui jaringan ritel MPPA seperti Hypermart dan Foodmart telah memasuki tahun ke-12 dalam menyalurkan donasi pelanggan kepada kaum dhuafa. Sejak diluncurkan tahun 2006, program Infak via Kasir memudahkan masyarakat dalam beramal sambil belanja. Pelanggan dapat mendonasikan sisa kembalian belanja, pembulatan kembalian, atau bahkan nominal bebas.

Tema Infak via Kasir kali ini mengajak pelanggan mendukung pentingnya program pemberdayaan ekonomi dan pendidikan di Indonesia. Program infak yang berjalan mulai 1 April 2017 hingga 30 Juni 2017 ini nantinya akan disalurkan untuk mendukung program pemberdayaan ekonomi perempuan dan program perbaikan sekolah di daerah Makassar dan Mataram, menyesuaikan dengan lokasi hadirnya pusat grosir modern MPPA, yakni SmartClub.

Director Corporate Communications PT Matahari Putra Prima, Danny Kojongian, menuturkan, dalam memilih mitra kerjasama, MPPA melakukan langkah due diligence yang pruden terkait dengan pengumpulan dan penyaluran dana infak dari masyarakat sehingga tujuan dari langkah tersebut akan tepat sasaran sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang berlaku.

“Dalam kurun waktu 12 tahun ini, program infak ini telah berhasil menghimpun dana sebesar Rp 11 miliar, yang telah disalurkan untuk kaum dhuafa. Selain penyaluran ke program pendidikan sebagaimana tiga tahun terakhir, penyaluran donasi ke depan juga diharapkan dapat menyentuh sektor lainnya seperti pemberdayaan ekonomi dhuafa,” kata Danny di Jakarta, (30/3).

Sementara Dayamart, adalah program pemberdayaan usaha mikro berbasis minimarket komunitas yang digulirkan Dompet Dhuafa di Padang, Sumatra Barat sejak tahun 2016. Selain kepemilikan dhuafa serta memberikan harga khusus untuk dhuafa terdaftar, Dayamart juga mendukung warung-warung kecil sekitar minimarket dalam pasokan barang dan manajemen usaha mikro.

Di tahun 2017 ini, Dompet Dhuafa menargetkan enam gerai Dayamart beroperasi di Padang. Dalam sinergi program ini, MPPA berperan sebagai salah satu mitra strategis Dompet Dhuafa dalam memastikan stabilnya pasokan barang bagi Dayamart.

“Kerjasama program ini diharapkan mampu mendukung penyediaan sumber daya dalam program penumbuhan usaha mikro yang dilaksanakan oleh kaum perempuan. Mengingat selain bantuan modal usaha, mereka juga membutuhkan penguatan kapasitas pengelolaan usaha”, jelas Imam Rulyawan, Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi.

Editor : Eva Martha Rahayu


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved