Sinergi Prudential - KidZania Ajarkan Prinsip Pengelolaan Keuangan Kepada Anak

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bekerja sama dengan KidZania Jakarta untuk memberikan pemahaman mengenai keuangan (financial literacy) bagi anak-anak melalui peluncuran Prudential Vault. Kehadiran wahana terbaru di KidZania tersebut, merupakan perwujudan dari konsep pengelolaan keuangan Cha-ching Money Smart Kids dalam bentuk nyata.

Cha-ching Money Smart Kids adalah program pembelajaran online interaktif melalui karakter animasi, musik, dan video kartun, yang memiliki empat pilar utama, yaitu memperoleh (earn), menabung (save), membelanjakan (spend), dan menyumbang (donate).

Dari keempat pilar tersebut, Prudential Vault di KidZania menghadirkan konsep “menyumbang”, yaitu memberi kembali kepada masyarakat terutama bagi mereka yang membutuhkan, melalui berbagai aktivitas pembelajaran yang menyenangkan. Setelah mendapatkan pengalaman mengelola keuangan di Kidzania, anak–anak bersama orang tua di rumah juga dapat mengunjungi www.cha-ching.co.id untuk mempelajari lebih dalam mengenai pengelolaan keuangan.

Uchu Riza, City Mayor of KidZania, menjelaskan, di setiap establishment yang ada, KidZania menerapkan 6 guidance right atau hak anak, yakni to be, to know, to create, to share, to care, dan to play. Melalui berbagai kegiatan yang ada di KidZania, anak-anak diajak untuk bermain peran melakukan aktifitas profesi layaknya orang dewasa, dan memperoleh gaji berupa KidZos dari hasil kerja mereka. Selanjutnya, mereka akan belajar untuk menentukan pilihan apakah mereka akan menabung KidZos atau menggunakannya untuk membeli makanan atau barang lainnya.

Dengan pembelajaran pengelolaan keuangan Cha-Ching, terutama konsep “menyumbang” melalui Prudential Vault, anak-anak dapat mengalami langsung rasanya menjadi anggota masyarakat yang peduli terhadap sesama dengan menggunakan uang yang mereka peroleh dari kerja keras untuk membuat perbedaan dalam masyarakatnya.

William Kuan, Presiden Direktur Prudential Indonesia, mengatakan, Prudential dan KidZania berkeyakinan bahwa perusahaan memiliki peranan dalam mempersiapkan anak-anak Indonesia menyongsong masa depan yang lebih baik dan cerah. “Kami percaya dengan menanamkan nilai-nilai tentang memperoleh, menabung, membelanjakan, dan menyumbang sejak usia dini, kami membantu anak-anakuntuk memahami cara mengelola keuangan yang akan bermanfaat bagi mereka, keluarganya, dan lingkungannya di masa depan,” jelas William.

Hal ini didasari oleh hasil penelitian Prudential yang menunjukkan bahwa 95 persen dari orang tua ingin dibantu dalam hal program pendidikan yang mengajarkan pengelolaan keuangan bagi anak-anak. Melalui Prudential Vault di KidZania, Prudential mengemas nilai-nilai tersebut dengan aktivitas pendidikan yang menyenangkan dan interaktif bagi anak-anak.

Menurut William, keberadaan Prudential Vault sebagai sebuah sarana sosialisasi nilai-nilai yang diusungCha-ching merupakan bagian dari program tanggungjawab sosial perusahaan (CSR) yang lebih besar yaitu ‘Sejuta Hati untuk Sejuta Mimpi’, yang diluncurkan Prudential tahun 2012. Program ini merupakan komitmen perusahaan untuk menyentuh kehidupan satu juta orang Indonesia yang kurang beruntung, termasuk anak-anak yang merupakan masa depan Indonesia.

Porsi terbesar dari inisiatif ini adalah memberikan pembelajaran mengenai pemahaman pengelolaan keuangan,” tambah William. Sejak diluncurkan pada Oktober 2012, program pembelajaran pengelolaan keuangan Cha-ching telah menjangkau lebih dari 200.000 orang terutama anak-anak di Indonesia.Dengan kepopuleran KidZania, pihaknyai percaya bahwa Prudential Vault akan membantu menjangkau sasaran yang lebih banyak lagi. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)