Taman Literasi Keuangan Menjuarai Inovasi Chairman's Challenge

 

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bekerjasama dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI) dan Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknologi Universitas Trisakti, membangun Taman Literasi Keuangan Taman Mataram, Jakarta Selatan. Pembangungan taman ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial Prudential Indonesia dalam memberikan pendidikan literasi keuangan kepada masyarakat melalui berbagai macam permainan.

Taman literasi keuangan pertama di Indonesia ini terpilih menjadi pemenang dalam kategori inovasi di Chairman’s Challenge, sebuah kompetisi tahunan di bidang tanggung jawab sosial perusahaan yang diadakan Prudential plc, untuk seluruh unit bisnisnya di dunia.

Paul Manduca, Chairman of Prudential plc, mengungkapkan rasa bangganya kepada Prudential Indonesia dan Prestasi Junior Indonesia atas pembangunan taman yang dapat menginspirasi orang lain untuk berkontribusi. “Saya salut kepada Prestasi Junior Indonesia atas pengubahan taman yang tadinya biasa saja menjadi taman literasi keuangan yang dapat memberikan banyak manfaat kepada masyarakat. Pembangunan taman ini juga merupakan komitmen kami untuk banyak melakukan kontribusi kepada masyarakat,” ujar Paul.

“Ini merupakan salah satu dari ribuan projek kami di seluruh dunia yang berkolaborasi dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) lokal,” ia menambahkan.

Di taman ini masyarakat bisa menikmati ruang terbuka hijau sekaligus meningkatkan pengetahuan tentang literasi keuangan melalui permainan edukasi yang telah disediakan, antara lain, permainan Game Board Cha-Ching yang bertujuan untuk melatih individu dalam mengelola transaksi keuangannya secara bijak. Setiap individu akan dihadapkan pada transaksi yang harus mereka lakukan dan mencatatnya di papan catatan transaksi yang tersedia.

Sementara, permainan Mencocokan Kartu Mengenai Asuransi bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat umum mengenai asuransi sebagai salah satu bentuk proteksi. Ada juga 8 signage yang berisi tips pengelolaan uang yang terpasang di taman agar masyarakat dapat meningkatkan pemahamannya mengenai manajemen keuangan yang bijaksana dan  pentingnya mengelola uang. Di salah satu sudut taman disediakan ruang diskusi terbuka untuk memfasilitasi masyarakat dan para siswa dalam melakukan aktivitas diskusi dan belajar kelompok.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Serial Animasi 3D “ Petualangan SI Unyil ” Siap Tayang di Usee PRIME

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bekerjasama dengan Perum Produksi Film Negara (PFN) siap menayangkan “Serial Petualangan Si Unyil”. Episode...

Close