CSR Corner zkumparan

Warung Pintar Jembatani Program CSR Perusahaan Besar

Warung Pintar memperkenalkan program High Impact CSR yang bertujuan untuk menjembatani perusahaan dan brand besar dalam menyasar masyarakat menengah k ebawah (6/7/2018).

Melalui mitra Warung Pintar yang tersebar di berbagai pemukiman masyarakat di Jabodetabek, Warung Pintar ingin mendorong perusahaan untuk mengoptimalkan dana CSR agar tepat sasaran, berdampak, terukur, dan berkelanjutan.

Warung Pintar berangkat dengan misi memadukan ciri khas warung tradisional yang telah menjadi bagian penting dalam keseharian masyarakat menengah kebawah, dengan teknologi ritel modern.

Startup ritel ini, dibesut oleh para veteran startup Indonesia seperti Agung Bezharie (mantan Investment Associate East Ventures), Sofian Hadiwijaya (mantan VP of Business Intelligence Gojek), dan Harya Putra (mantan Expansion Head EV Hive), berhasil menggaet sejumlah kios-kios tradisional dan memodifikasinya menjadi warung berbasis teknologi dengan mengedepankan dua pilar yaitu Internet of Thing (IoT) dan big data analytics.

Berbekal misi tersebut, Warung Pintar mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Sejak pertama kali diluncurkan pada Agustus 2017, telah berhasil menggaet 196 mitra warung yang tersebar di wilayah Jabodetabek, dengan pertumbuhan jumlah warung per bulan yang mencapai 160% sejak kuarter I 2018. Startup ini juga mendapatkan suntikan dana sebesar US$4 juta (sekitar Rp57 miliar) dari berbagai investor.

“Warung Pintar ingin membuka peluang bagi warung tradisional untuk menerapkan sistem retail modern, dengan segala fasilitas yang menunjang peningkatan pendapatan warung”, terang Jiwo Damar, Social Impact Project Manager Warung Pintar. Pihaknya memberikan teknologi yang menunjang proses bisnis di warung-warung tradisional, mulai dari pemesanan, pencatatan, penjualan barang, serta fasilitas-fasilitas berbasis teknologi lainnya. Warung Pintar juga disertai dengan program-program yang secara spesifik menyasar komunitas-komunitas di sekitar warung tradisional tersebut.

Program ini diluncurkan pertama kali di bulan Juni 2018, dan telah menjalin kerja sama dengan beberapa brand dan perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Berdasarkan riset kualitas CSR, Indonesia masih berada di peringkat terbawah dalam pelaksanaan CSR di 7 negara Asia. Menurut Jiwo, program CSR lewat Warung Pintar dapat memudahkan perusahaan-perusahaan tersebut dalam mendayagunakan dana CSR dan mengukur dampak program tersebut pada masyarakat menengah kebawah.

“Salah satu program CSR yang kami jalankan baru-baru ini adalah “Gerakan 10.000 Takjil” yang bekerja sama dengan BNI lewat program BNI Berbagi. Selain dapat secara langsung menjangkau masyarakat, pemberian dana CSR tersebut juga dapat terukur dengan baik karena setiap takjil gratis yang diberikan kepada masyarakat lewat mitra Warung Pintar, barcode-nya discan terlebih dahulu dengan teknologi yang ada di warung. Dari hasil scan itulah, kitamendapatkan data mengenai jenis takjil apa yang diberikan, berapa harga beli dan jualnya, sampai berapa takjil yang dibagikan di hari itu,” jelas Jiwo.

Selain BNI, beberapa yayasan yang juga telah bergabung dengan program high-impact Warung Pintar antara lain adalah Dompet Dhuafa, Rumah Yatim dan PKPU. Warung Pintar membantu para kaum dhuafa untuk menjadi mitra Warung Pintar dan memiliki penghasilan sendiri

Menurut Jiwo, program CSR lewat Warung Pintar ini tepat sasaran untuk brand dan perusahaan yang ingin mengevaluasi secara langsung dampak program CSR-nya pada masyarakat menengah kebawah. Pada program “Gerakan 10.000 Takjil” dengan BNI misalnya, selain pemberian takjil gratis, program tersebut juga telah berhasil meningkatkan omset masing-masing warung hingga lebih dari Rp2,5 juta selama berlangsungnya program.

“Secara langsung, program ini mendukung usaha kecil dan menengah. Pemberian dana CSR ini telah terbukti mendorong mitra warung kami untuk mendapatkan penghasilan yang lebih baik daripada sebelumnya.” ujar Jiwo.

Selain BNI, beberapa yayasan yang juga telah bergabung dengan program high-impact Warung Pintar antara lain Dompet Dhuafa, Rumah Yatim, dan PKPU. Dalam ketiga program tersebut, Warung Pintar membantu para kaum dhuafa untuk menjadi mitra Warung Pintar dan memiliki penghasilan mereka sendiri.

Jiwo melanjutkan, bagi brand yang ingin bergabung, caranya pun juga mudah, hanya perlu mengontak tim Warung Pintar dan bersama-sama akan memikirkan program apa yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat serta mitra warung.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved