Yamaha Music Indonesia Beri Bantuan untuk Korban Gempa di Palu

Foto : Ilustrasi (istimewa)

Gempa berkekuatan 5 SR -7,4 SR akhir September lalu mengguncang Kabupaten Donggala dan Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. Dampaknya banyak bangunan yang rusak sejumlah retakan juga muncul jalan-jalan raya dua daerah tersebut. Jumlah korban jiwa maupun luka serta dampak kerusakan masih sedang didata oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Berdasarkan perhitungan sementara Tim Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB (pertengahan Oktober lalu) dampak kerugian dan kerusakan yang diakibatkan oleh gempa dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah diperkirakan sekitar Rp 13,82 triliun.

Dari catatan BNPB, kerusakan meliputi 68.451 unit rumah, 327 unit rumah ibadah, 265 unit sekolah, perkantoran 78 unit, toko 362 unit, jalan 168 titik retak, jembatan 7 unit dan sebagainya.

Untuk pembangunan kembali pasca-bencana, berbagai bantuan terus mengalir baik dari dalam maupun luar negeri. Kepedulian terhadap musibah gempa dan tsunami Palu, juga menjadi perhatian perusahaan lokal dan multinasional untuk menyalurkan berbagai bantuan.

Yamaha Musik Indonesia (YMID) pun tidak ingin tertinggal dan turut memberikan donasi untuk meringankan beban para korban. "Kami ingin menyampaikan simpati yang mendalam kepada seluruh keluarga korban yang meninggal dan untuk semua orang yang mengalami dampak buruk akibat gempa dan tsunami yang melanda Palu dan Donggala di Sulawesi," kata Shinichi Takenaga, Presdir PT YMID.

Ia menambahkan, Yamaha Corporation serta 7 anak perusahaan Yamaha Musik di Indonesia, telah memberikan sumbangan untuk bantuan pemulihan kepada mereka yang terkena bencana dan juga untuk daerah-daerah yang terdampak langsung gempa dan tsunami.

Bantuan yang telah diberikan berupa nominal 1 juta yen melalui Palang Merah Jepang dari Yamaha Corporation dan Rp70 juta, melalui Palang Merah Indonesia (PMI) dari 7 anak perusahaan Yamaha Musik di Indonesia. "Kami berharap agar area yang mengalami kerusakan akibat gempa dan tsunami agar dapat segera pulih seperti sediakala," kata Shinichi.

Apalagi, Palu bukan merupakan daerah yang asing bagi Yamaha Musik. Sebab,  SDN 15 Palu termasuk salah satu sekolah yang menerima proyek donasi keyboard Yamaha untuk 70 SDN di seluruh Indonesia, yang disebar tahun lalu.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)