Editor's Choice Youngster Inc. StartUp

Armita Fibriyanti, Jagonya Otak-Atik Nama Bayi

Armita Fibriyanti, Jagonya Otak-Atik Nama Bayi

Bisnis jasa makin kreatif. Hal yang seolah sepele kini bisa disulap menjadi sesuatu. Lebih-lebih jika ditunjang dengan kondisi yang melek internet. Armita Fibriyanti contohnya. Ibu muda satu ini boleh dibilang sering mangkal di depan komputer alias online. Bukan untuk chatting, Facebook maupun Twitter-an semata, namun aktivitas online tersebut lebih ia dibelokkan ke arah bisnis. Lantas bisnis apa yang membawa kelahiran Purworejo, 20 Februari 1986 ini getol menyasar sektor online? Adalah Name For You (NFY), bisnis jasa pembuatan nama bayi yang resmi ia dirikan pada pertengahan tahun 2010.

Armita Fibriyanti, Pemilik Name For You

Padahal jika ditanya apa background pendidikannya, sebenarnya putri pertama dari dua bersaudara pasangan Ngadiman dan Rubingati ini merupakan salah satu lulusan terbaik S1 Hortikultura, IPB. Dirinya sempat dikirim ke Amerika Serikat berkat prestasinya di bidang agronomi dan holtikultura. “Bukan alih profesi juga sih, sebenarnya ini adalah bagian dari proses pendidikan dan pendewasaan bahwa tidak ada ilmu yang tidak bermanfaat, pasti semuanya bermanfaat. Kalau tidak digunakan sekarang, pasti suatu saat akan dipakai. Begitu juga dengan latar belakang pendidikan saya bahwa saya mengambil S2 Management Business IPB, adalah salah satu jalan untuk memperluas jaringan, mendapatkan ilmu mengenai bisnis, dan berusaha bagaimana mengembangkan bisnis Name For You ini,” kata Armita.

Cikal bakal berdirinya Name For You membawa Armita berargumen mengenai potensi besar yang dimiliki Indonesia. Kenyataan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara terpadat di dunia selain China, India, dan Amerika membuat Armita akhirnya hitung-hitungan. “Waktu itu, diperkirakan bahwa ada 405 bayi lahir setiap jamnya. Asumsinya, dalam sehari berarti akan ada 9.720 bayi lahir ke dunia. Ini berarti ada 9.720 pasang orang-tua yang membutuhkan nama bayi untuk diberikan kepada anaknya. ini peluang bagi saya untuk membuat jasa pembuatan nama bayi. Jika setiap hari ada 10% saja (97 orang) dari orang tua yang menghubungi saya untuk dibuatkan nama bayi, pasti usaha di bidang pembuatan nama bayi ini bisa lebih berkembang,” kata ibunda dari Akmal Albyaksa Hasan mengenang.

Saat memulai bisnis, Armita menyadari bahwa ekspektasi awal tidaklah semudah yang ia bayangkan. “Baru ada satu-dua orang saja yang memesan nama bayi. Itupun karena mereka saudara, teman kantor, atau temannya teman yang rata-rata mendengar info usaha saya mouth to mouth. Masih sepi pelanggan. Wah bisa-bisa tidak maju nih kalau begini terus caranya. Bisa-bisa tidak ada pendapatan nih. Sementara saya membutuhkan pemasukan untuk membantu suami mencari nafkah,” cerita istri dari Pupung Puad Hasan ini.

Armita Fibriyanti, saat dikirim ke Amerika berkat prestasinya

Armita pun terus memutar otak untuk bisa menaikkan omset bisnisnya. Selain ingin bisnisnya meroket, bekerja dari rumah merupakan impiannya sejak dulu. Prinsip dasarnya adalah bisnis yang unik, kreatif dan sesuai dengan kemampuan knowledge yang dimilikinya. Akhirnya setelah lulus S2, Armita pun total mengurus Name For You dengan memanfaatkan betul fungsi media sosial. Selain merebranding alamat websitenya di www.armitaconsultant.com, dirinya juga membuatkan facebook dan twitter untuk Name For You. Langkah ini dinilai efektif karena zaman sekarang porsi sosial media lebih berperan besar, lebih-lebih jika menyasar segmen ibu-ibu muda yang melek internet.

Sementara sistem pembayaran dapat dilakukan melalui transfer rekening sehingga tidak merepotkan pelanggan untuk bertransaksi secara tatap muka. Adapun sumber inspirasi nama yang ia dapatkan bisa berasal dari mana saja, misalnya TV, majalah, internet, alam, hasil ngobrol dengan orang lain, dsb. Armita menekankan bahwa yang terpenting adalah namanya harus disesuaikan dengan kriteria yang diinginkan pelanggan.

Dari segi layanan, Armita menekankan bahwa kelebihan jasa yang ditawarkannya adalah dari segi kecepatan. Pelanggan dapat menghubunginya melalui banyak cara seperti email, FB, Twitter, SMS maupun telepon. Nama siap dikirimkan satu hari setelah pelunasan administrasi. Selain itu harga yang tidak mahal serta adanya layanan revisi jika nama yang ditawarkan tidak cocok menjadi salah satu kekuatan tersendiri dari bisnisnya.

Pernah ia mendapati pesanan yang aneh-aneh dari salah seorang pelanggan. “Nama bayinya harus bernuansa matematika, karena kedua orang tuanya adalah guru matematika. Ada juga seorang ibu yang sedang di tempat melahirkan (menjelang proses kelahiran) menelepon dan meminta dibuatkan nama anak yang harus dibuatkan saat itu juga,” terang Armita.

Armita Fibriyanti, Pendiri Name For You

Namun demikian segala tantangan justru membuat dirinya semakin kreatif. Pertumbuhan bisnisnya kini makin agresif. Rata-rata per bulan ia bisa mencapai 30-40 kali orderan. Tiap hari ada saja yang pesan melalui internet, hingga Armita mengaku tidak bisa mengalihkan matanya sejenak dari sosial media. “Saat musim melahirkan paling banyak yang pesan nama. Karena setiap hari ada yang melahirkan, Insya Allah tiap hari ada yang pesan untuk nama bayi,” ujarnya sembari tersenyum.

Sebagai seorang pemula di dunia bisnis via internet, Armita pun menyadari bahwa dirinya tidak boleh terlalu cepat menyerah. “Saya membiarkannya dunia internet mengambil perannya. Dan memang, pada awalnya tidak terlalu banyak pendapatan yang saya terima. Tapi saya harus terus maju karena saya percaya bahwa big success comes from baby steps. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana saya mendapat uang tambahan untuk keluarga jika tidak ada internet karena hampir seluruh proses bisnis saya dilakukan via internet,” pungkas wanita cantik berjilbab yang kali ini melebarkan diferensiasi jasanya ke pembuatan nama perusahaan.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved