2012, ESPN Tambah 2 Siaran Lokal di Indonesia

ESPN STAR Sports (ESS), penyedia konten olah raga terbesar di Asia, menekankan bahwa Indonesia merupakan pasar potensial mengingat penetrasi pay-tv baru 3%. Karena itu, perusahaan memperkenalkan dua siaran khusus 'lokal' bagi ESPN dan Star Sports.

 

Lokalisasi siaran ini memungkinkan para pengiklan untuk pertama kalinya dapat menciptakan program komunikasi khusus bagi para pencinta olah raga di Indonesia, sehingga memungkinkan kegiatan komunikasi dari para pengiklan tersebut dapat lebih tepat sasaran dan memiliki orientasi lokal dengan kegiatan iklan mereka serta memaksimalkan dampak dan keefektivitasan dari kegiatan beriklan mereka di Indonesia.

 

Indonesia merupakan pasar tayangan olahraga yang besar. Ini terlihat dari jumlah khalayak yang menonton AFF Suzuki Cup, Formula 1 dan lainnya. Untuk olahraga sepakbola dan motorsport, masyarakat Indonesia memiliki intensitas ketertarikan yang tinggi,” ujar Executive Vice President dan Head of Sales ESPN STAR Sports (ESS), Adam Secha.

 

Lebih jauh lagi, ESS akan memperkenalkan ESPN Player dan siaran langsung melalui internet mobileESPN. ESPN Player akan menghadirkan akses online bagi para pencinta olahraga Indonesia ke ribuan game online dan kegiatan-kegiatan online lainnya seperti video on-demand dan konten-konten online eksklusif lainnya seperti liputan tambahan

sebuah pertandingan olah raga. MobileESPN akan memudahkan para pencinta olah raga untuk dapat mengakses siaran langsung pertandingan olah raga melalui beberapa perangkat bergerak sehingga memungkinkan mereka untuk dapat lebih intim lagi dalam mengikuti perkembangan olah raga kecintaan mereka.

 

Platform pay-TV pada dasarnya mengandung empat unsur yaitu berita, edukasi, film dan olahraga. Karena itu, ESPN yang saat ini bekerja sama dengan Indovision, Telkomvision, First Media, Aura TV dan Skynindo TV, optimis tayangan ESPN dapat diterima masyarakat. “Apalagi, Indonesia termasuk dalam lima besar negara yang memiliki kontribusi tinggi terhadap pendapatan ESPN di Asia Tenggara,” kata Adam Zecha lagi. Sayangnya, ia menolak untuk menyebutkan angka pendapatan spesifik ataupun pertumbuhan keuntungan ESPN di Indonesia.

 

Namun sebagai gambaran, penetrasi televisi berbayar Indonesia hanya 3% dari total penduduk yang memiliki televisi. Angka yang sangat rendah dibandingkan penetrasi televisi berbayar di Singapura yaitu 60%, Hongkong 60%, Malaysia 55% dan Thailand 8%. “Karena itu, meski tergolong pengguna pay-TV di Indonesia rendah, kesempatan untuk berkembang pun jauh lebih besar. Dengan penetrasi 3% saja Indonesia masuk di 5 besar penyumbang keuntungan ESPN di Asia Tenggara, bagaimana bila angka pengguna bertambah?” ujar Adam Zecha.

 

Acara olah raga utama di tahun 2012 adalah kegiatan olah raga terbesar di dunia, yaitu London 2012 Olympic Games, yang akan diisi dengan liputan siaran langsung dari aksi para atlit terbaik dunia termasuk aksi kontingen Olimpiade dari Indonesia. Kegiatan olah raga penting lainnya yang akan disiarkan pada jejaring ESS adalah Spanish La Liga.

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)