Listed Articles

73% Konsumen Asia Tenggara Terpengaruh Iklan Online

73% Konsumen Asia Tenggara Terpengaruh Iklan Online

Berdasarkan data Nielsen, 73% konsumen di Asia Tenggara dipengaruhi oleh iklan online, terutama jika konten tersebut secara spesifik ditargetkan kepada mereka. Penyerapan informasi di iklan semakin tinggi bila teman atau kerabat mengetahui produk tersebut.

Selain itu, jika berbeicara soal perasaan responden tentang iklan online yang ditargetkan kepada merka berdasarkan pembelian sebelumnya atau situs yang dikunjungi, sekitar 74% responden di Asia Tenggara mengatakan iklan tersebut membuat hidup mereka lebih mudah. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan persentase secara global yaitu 58%. Namun, pendapat yang sama lebih tinggi terjadi pada konsumen Filipina sebesar 83% dan Vietnam sebesar 82%.

“Konsumen di Asia Tenggara, percaya pada iklan online, terutama dengan perasaan positif mereka terhadap pesan yang ditargetkan, memberikan kesempatan yang tidak ternilai jumlahnya bagi perusahaan untuk terlibat dengan target penonton mereka,” kata David Webb, Region Managing Director of Advertising Solutions Nielsen. “Media sosial menjadi sebuah kegiatan yang semakin dominan di seluruh wilayah sehingga merek dapat dengan cepat terkenal melalui kegiatan iklan mereka untuk dapat lebih memahami dan berhubungan dengan konsumen mereka. Ini dilakukan dengan strategi iklan mereka, keterlibatan konsumen dan konversi.”

Hasil Nielsen menunjukan bahwa 69% dari konsumen Asia Tenggara memiliki ‘keinginan’ atau mengikuti merek dari suatu perusahaan, secara signifikan lebih tinggi dari rata-rata persentase global 52% gdan bahkan lebih tinggi di negara-negara seperti Vietnam (79%) dan Filipina (75%). Selanjutnya, pendapat konsumen yang muncul di online, menjadi, salah satu pertimbangan yang dipercaya kalangan konsumen media digital dari Asia Tenggara.

“Pengguna situs jejaring sosial di Asia Tenggara semakin beralih ke platform jaringan sosial untuk mencari saran atau rekomendasi, mendapatkan diskon atau penawaran khusus, atau secara aktif merekomendasikan produk atau merek,” kata David Webb. “Konsumen lokal semakin meningkatkan pengalaman mereka dalam menggunakan internet, tingkat keyakinan dan kecanggihan, demikian juga nilai dan konten kepercayaan online sebagai sumber informasi.”


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved