Access, Sony dan Universal Incar EMI Group

Beberapa perusahaan label musik dan ekuitas swasta seperti Access Industries, Sony Music Entertainment dan Universal Music Group dikabarkan tertarik untuk membeli EMI Group Ltd. EMI yang menjadi representatif dari artis Katy Perry, Beastie Boys, The Beatles dan Keith Urban itu dainggap sebagai aset menggiurkan di industri musik.

Hasrat yang sama untuk memiliki perusahaan musik yang sudah berdiri selama 114 tahun itu juga hadir di BMG Music Rights (perusahaan patungan antara Bertelsmann dan Kohlberg Kravis Roberts), MacAndrews & Forbes serta Platinum Equity. EMI dianggap salah satu aset terakhir yang potensial untuk dimiliki setelah pesaing mereka, Warner Music, dibeli oleh Access Industries pada Mei lalu dengan nilai US$ 3,3 miliar. Analis memperkirakan harga EMI sekitar US$ 2,5 miliar hingga US$ 4 miliar.

Bank AS, Citigroup telah mengambil alih EMI pada Februari 2011 setelah sang pemilik asal Inggris, Terra Firma, gagal membayar pinjaman dan kehilangan tenaga untuk bertempur di bisnis musik karena dililit utang yang banyak. Meskipun begitu, Juni lalu, EMI mengklaim akan melakukan eksplorasi strategi alternatif, termasuk kemungkinan untuk menjual perusahaan, rekapitalisasi atau melakukan penawaran umum perdana (IPO).

Pengamat musik mengklaim, seharusnya EMI memecah divisi mereka. Laber rekaman seperti Capitol dan Virgin melakukan penjualan terpisah dengan unit katalog lagu, EMI Music Publishing. Citigroup tetap menjaga opsi terbuka bagi EMI. Lelang itu dapat mencakup penawaran terpisah utnuk bisnis rekaman musik dan publikasi musik atau penawaran terhadap keseluruhan perusahaan, ujar pihak yang tidak disebutkan namanya kepada Reuters.

Beberapa perusahaan yang tertarik sudah menandatangani perjanjian kerahasiaan untuk mendapatkan akses ke informasi keuangan EMI sehingga mereka dapat memutuskan apakah mengajukan penawaran atau tidak. Keputusan akhir itu diharapkan muncul pada Agustus mendatang. Bank seperti Goldman Sachs, Gredit Suisse dan UBS AG dikabarkan telah menyatakan kesediaan untuk membiayai kesepakatan potensial itu. Meskipun para juru bicara bank menolak berikan komentar.

Di sisi lain, Sony dan Universal Music Group dikhawatirkan tersapu isu monopoli industri jika mereka mencoba untuk membeli seluruh perusahaan. Karenanya, yang paling aman, Sony membeli divisi penerbitan EMI dan Universal menggandeng divisi rekaman.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)