Listed Articles

Blibli Prediksi Belanja Ramadan Naik 3 Kali

E-Commerce (source: smart-money.co)

Blibli memprediksikan bahwa jumlah order akan bertumbuh 3 kali lipat pada Ramadan tahun ini, sama seperti rata-rata pertumbuhan order di Ramadan 2019 dan 2018. Situasi COVID-19 saat Ramadan akan mendorong permintaan terhadap produk-produk makanan dan minuman esensial, yaitu susu, obat herbal, minyak goreng, beras, dan bumbu dapur.

Fransisca K. Nugraha, EVP of Consumer Goods Category Blibli, menambahkan , “Hal terbesar yang ingin kami capai Ramadan tahun ini adalah mengakselerasi transformasi digital di mana pelanggan, seller, dan pemerintah akan menjadikan e-commerce sebagai kanal ritel utama.”

Blibli melihat bahwa akselerasi tersebut sudah di mulai. Selama bulan April 2020, jumlah seller meningkat 90% YoY karena seller harus memanfaatkan e-commerce untuk lanjut berjualan. Blibli pun mendukung keberlangsungan usaha para seller dengan menyediakan fasilitas seperti Fufillment By Blibli (FBB), di mana Blibli menangani keseluruhan proses logistik, mulai dari warehousing hingga pengiriman, untuk membantu seller mengurangi biaya operasional.

Menurut Fransisca, pihaknya memastikan tidak ada kendala berarti untuk proses logistik terkait adanya kebijakan PSBB oleh pemerintah di sejumlah daerah terdampak Covid-19.

“Kami selalu memperhatikan semua peraturan yg dikeluarkan pemerintah terkait dengan PSBB, termasuk jam operasional masuk keluar kendaraan logistik dari dan ke suatu daerah, untuk pengiriman logistik memang diberi pengecualian oleh pemerintah. Jadi sampai saat ini masih berjalan dengan baik untuk pengiriman. Kami justru berusaha meningkatkan kecepatan pengiriman sehingga konsumen bisa mendapatkan belanjaannya tepat waktu,” jelasnya.

Tak hanya soal logistik, Blibli juga sudah menyiapkan beberapa fitur yang mendukung aktivitas berjualan dan belanja daring di platformnya.

“Fitur-fitur ini bertujuan untuk menghadirkan pengalaman berbelanja lebih baik bagi pelanggan, memperluas akses pasar bagi seller, dan mendukung program pangan pemerintah.” jelas Lay Ridwan Gautama, Executive Vice President (EVP) of Digital Products & Automotive Category Blibli.

Fitur-fitur tersebut yaitu, Blibli Hasanah, menyasar konsumen muslim yang mencari produk yang sudah terkurasi, amanah dan bersertifikat halal. Kedua adalah fitur Blibli Paylater yang akan diluncurkan kuartal kedua tahun ini. Hadirnya fitur PayLater memperluas opsi pembayaran di Blibli menjadi sembilan, yang didukung oleh 36 mitra pembayaran lainnya, termasuk bank. Ketiga adalah layanan-layanan bagi seller untuk bisa memperluas akses pasar dan mempertahankan usaha. Layanan tersebut diantaranya adalah kerja sama dengan sejumlah brand FMCG. Kemudian ada juga program dukungan bagi creativepreuner dan terakhir yakni pemberdayaan usaha mikro bagi mitra Blibli.

Selain itu untuk mendukung program ketahanan pangan pemerintah, sejak April 2020 Blibli juga menyalurkan beras subsidi oleh pemerintah melalui jaringan logistik dan distribusi luas miliknya yang mencakup 20 warehouse dan 32 hub di seluruh Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved