Listed Articles

Diversifikasi Produk Resleting Jadi Andalan Fajarindo

Diversifikasi Produk Resleting Jadi Andalan Fajarindo

Menggunakan merek dagang Amzo Zipp, PT Fajarindo Faliman Zipper (FFZ) berhasil menjangkau pasar ekspor. Dubai, Iran, Mesir, Peru, India dan Turki menjadi beberapa negara yang berhasil ‘terperangkap’ kualitas produk perusahaan yang mulai ekspor pada 1995 ini. Menyadari bahwa persaingan kian pesat, FFZ melakukan diversifikasi produk.

Berdasarkan keterangan Presiden Direktur PT Fajarindo Faliman Zipper, Muliamin, perusahaan mampu mendongkrak nilai ekspor dari US$ 600 juta di 2006 menjadi US$ 3,8 juta di 2010. Angka ini lebih tinggi dari nilai penjualan domestik yang berkisar Rp 40 milliar per tahun.

Kini, Fajarindo menawarkan lima produk, yaitu zipper (ritsleting), hook & loop fastener (magic tape), polyester webbing tape (aksesori garmen), dan kancing (snap button). Tentu saja, ritsleting merupakan produk unggulannya. Namun, di beberapa negara tertentu, ada produk lain yang lebih dominan. Misalnya di Turki, Muliamin menyebutkan, produk Fajarindo yang sangat laku adalah hook & loop fastener yang biasa dipasang di tas atau sepatu tidak bertali.

Fajarindo yang dulu hanyalah perusahaan perakitan, kini sudah bisa memproduksi semua aksesori garmen dari hulu hingga hilir. Ia memiliki 18 unit produksi dari hulu hingga hilir yang memanfaatkan 90% bahan baku lokal dan 100% karyawan Indonesia. Total karyawannya sekarang sekitar 700 orang.

Hingga kini, untuk produk ritsleting Amco Zip, Fajarindo menyediakan 3.454 warna dan memiliki sekitar 850 desain slider. “Setiap bulan rata-rata kami membuat 10 desain baru,” kata Muliamin berpromosi. Dengan produk-produk ini, pertumbuhan penjualan ekspor Amco Zip terus tumbuh 20%-30% setiap tahun dalam tiga tahun terakhir.

Tahun depan, Muliamin yakin angka ini terus meningkat karena banyak pasar baru yang tengah mereka jajaki seperti Brasil dan Argentina yang belakangan intensif menjalin komunikasi dengan pihaknya. Komposisi penjualan ekspor dan domestik Amco Zip adalah 50:50. Kini perusahaan sudah melakukan diversifikasi usaha dengan membuat tas dari zipper. “Satu terobosan kami adalah membuas tas yang seluruh kainnya adalah ristliting,” kata Muliamin soal ambisinya.

Perusahaan ini rajin pameran di mancanegara untuk bertemu wholesaler (importir). Sedangkan di pasar lokal, FFZ bertemu langsung dengan user yang notabene pabrik-pabrik garmen yang mengerjakan produk-produk garmen tas dan pakaian bermerek internasional.(Acha)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved