Listed Articles

Empat Sekawan Sukses Mengibarkan Bisnis 4id

Oleh Admin
Empat Sekawan Sukses Mengibarkan Bisnis 4id

Bertemu di mailing list BlackBerry sejak tahun 2007, empat orang anak muda ini: Marcello R.Gunadirja (32 tahun), Irza Desputra, Brynerio, dan Dian Adiwaskitarini memutuskan mendirikan 4id (P. Digital Creative Indonesia) pada Juli 2010. “Sebelumnya, saya dan Irza mempunyai usaha sendiri, Dian ibu rumah tangga, dan Brynerio itu mahasiswa,” jelas Marcello. Sejak tahun 2008 Marcello, Irza dan Brynerio sudah mendirikan usaha bersama.

Nilai investasi awal 4id, diklaim Marcello, hanya Rp 250 juta. Menurutnya, saat itu belum banyak market yang mengetahui dunia mobile dan digital untuk branding serta belum siap masuk ke dunia tersebut. Baginya, bidang ini sangat menarik dan penuh tantangan. Hal utama yang ingin mereka berikan adalah berguna untuk masyarakat, sehingga mengusung nama 4id, (for Id=untuk Indonesia).

Produk pertama yang diluncurkan 4id adalah iMud (info mudik) http://bb.the4id.com/imud. Ini aplikasi yang dipersembahkan untuk masyarakat Indonesia yang ingin mudik melalui jalan darat (pulau Jawa). “Proyek perdana kami adalah aplikasi BUG OFF!! Ini adalah aplikasinya Terminix (pest control) http://bb.the4id.com/bugoff,” lanjutnya.

Salah satu produk baru 4id adalah aplikasi yang ditujukan untuk memantau lalu lintas di Jabotabek. Namanya http://macetter.us. Masih dalam bentuk beta memang, tetapi sudah bisa diinstal untuk dicoba. Untuk aplikasi ini, 4id bekerja sama dengan TMC Polda Metro Jaya untuk mengetahu info traffic yang ada di Jakarta. Aplikasi ini juga dilengkapi fitur real time CCTV.

Bagi Marcello, potensi bisnis ini sangat menguntungkan. “Ini dunia baru yang banyak sekali bisa di explore,” katanya. Ia mengaku perkembangan bisnisnya sejauh ini berjalan sangat baik. Sejak bulan keenam, banyak klien yang mendatangi 4id.

Cara memasarkan?”Kami selalu nge-buzz untuk setiap aplikasi yang telah kami develop. dan kami memiliki beberapa komunitas yang selalu siap men-support kami,” jelasnya seraya mencontohkan di antanya adalah milis BlackBerry, isat-bb dan turunannya, Twitter, Facebook, teman-teman blogger ,website 4id, dan beberapa milis otomotif.

Kendala yang dihadapi adalah masalah deadline dvloping, programmer, dan harga. Dengan mulai banyaknya individual developer maka persaingan harga akan sangat kompetitif sekali.”Kalau kalkulasi bisnisnya yang pasti sangat menguntungkan. Dalam 8 bulan kami sudah bisa BEP kok,” dia mengklaim. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved