Listed Articles Trends

Enam Hari Belanja Online dengan Penjualan Tembus Hingga Ratusan Triliun Rupiah

Enam Hari Belanja Online dengan Penjualan Tembus Hingga Ratusan Triliun Rupiah

Tidak dipungkiri, minat masyarakat untuk belanja online semakin meningkat setiap tahun, terutama bagi generasi milennial. Belanja online dinilai lebih efektif dan efisien ketimbang berbelanja di toko konvensional atau pusat perbelanjaan secara langsung. Tingginya minat masyarakat akan belanja online memicu munculnya berbagai online marketing atau e-commerce yang menawarkan berbagai promo menarik untuk membantu masyarakat belanja dengan lebih cermat.

Ternyata, tidak hanya Indonesia saja yang memiliki festival belanja online. Beberapa negara seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand dan Taiwan pun memiliki pun memiliki festival belanja online dengan sebutan berbeda, yakni Singles’ Day, Online Revolution, Festival Belanja Online, Black Friday, dan Cyber Monday. Namun, apa sebenarnya perbedaan dari keenam istilah festival hari belanja online terbesar yang ada di Indonesia tersebut.

Tim Shopback (istimewa)

Indra Yonathan, Country Managing Director ShopBack Indonesia dalam rilis kepada SWA memaparkan, perusahaannya sebagai platform ecommerce kurator yang sudah bekerja sama dengan lebih dari 170 e-commerce di Indonesia memanfaatkan Google Adwords Keyword Planner untuk mencari tahu secara mendalam mengenai apa yang sebenarnya dicari oleh pelanggan berkaitan dengan festival belanja online tersebut. Berikut pemaparan Indra.

Istilah Singles’ Day pertama kali muncul di China pada tahun 1990 dan awalnya hanya merupakan sebuah acara sekolah yang diperuntukkan bagi para jomblo untuk mencari pasangannya. Namun, pada tahun 2009, istilah ini dipopulerkan sebagai online sale oleh Alibaba ke seluruh dunia dan hingga saat ini diperingati setiap tanggal 11 November. Saking populernya, online sale yang satu ini bahkan mampu mengalahkan penjualan saat Cyber Monday di tahun 2012. Bahkan, total transaksi penjualannya mencapai angka USD 17,8 miliar di tahun 2016. Hal ini tentunya merupakan sebuah pencapaian besar bagi mereka.

Festival belanja online selanjutnya adalah Online Revolution yang muncul di tahun 2012 dengan Lazada Indonesia sebagai pelopor kampanye belanja online nasionalnya, sehingga istilah Online Revolution sendiri lebih popular jika dibandingkan dengan Singles’ Day di Indonesia. Maka tidak heran kalau dalam segi penjualannya sendiri, Online Revolution berhasil mencapai angka USD 40 miliar transaksi di tahun 2016 dan menduduki top 10 keywords. Sama halnya dengan Singles’ Day, Online Revolution juga diperingati setiap tanggal 11 November.

Tidak ketinggalan juga ada Festival Belanja Online yang dimulai pada tahun 2014 yang didirikan atas dasar kerjasama para pegiat industri e-commerce di Indonesia. Menariknya, acara tahunan ini turut mendapatkan dukungan dari UNICEF pada Festival Belanja Online tahun 2015. Festival Belanja Online ini sendiri merupakan acara tahunan yang diselenggarakan selama satu minggu setiap tanggal 23-30 November. Festival yang diikuti oleh 75 partisipan ini memiliki total transaksi penjualan tiga kali lebih besar daripada penjualan biasanya berkat promo potongan harga hingga 90 persen yang ditawarkannya.

Awalnya, istilah Black Friday memang tidak ada hubungannya dengan belanja online. Namun, pada akhirnya istilah ini diperingati sebagai hari diskon terbesar bagi para pemilik retail, di mana umumnya akan terjadi antrian pengunjung yang sangat besar. Dari fenomena inilah akhirnya Black Friday diadaptasikan sebagai Online Shopping yang diselenggarakan setiap tanggal 24 November oleh para pegiat e-commerce untuk meningkatkan penjualan pada periode tersebut. Di tahun 2016, total transaksi penjualannya mencapai angka USD 3,34 miliar.

Istilah hari belanja online ini pertama kali dipopulerkan oleh Shop.org pada tahun 2005. Dinamakan Cyber Monday karena menurut riset yang dilakukan, hari paling popular untuk belanja online adalah hari Senin. Untuk Cyber Monday ini sendiri diperingati pada tanggal 27 November setiap tahunnya. Masih lebih unggul dari Black Friday, transaksi penjualan Cyber Monday berhasil mencapai angka USD 3,45 miliar di tahun 2016.

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) lahir pada tahun 2012, dan dikenal sebagai event yang lahir di tanggal unik, yaitu 12-12-12 sekaligus dikenal sebagai puncak festival belanja online terbesar di Indonesia. Meskipun di awal kemunculannya event ini hanya diikuti oleh 7 e-commerce, saat ini sudah lebih dari 72 e-commerce yang ikut bergabung dalam Harbolnas. Total transaksi penjualanya sendiri berhasil mencapai angka USD 235 juta di tahun 2016.

Maka, bisa disimpulkan bahwa total transaksi penjualan pada saat Singles’ Day berada di urutan paling atas jika dibandingkan dengan kelima hari belanja nasional terbesar di Asia Tenggara lainnya, yaitu mencapai USD 17,8 miliar di tahun 2016.

Namun, jika dilihat berdasarkan riset yang telah dilakukan, ditemukan hasil yang menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia lebih tertarik pada Hari Belanja Nasional (Harbolnas) dibanding dengan hari belanja online lainnya. Hal ini ditunjukkan dari data statistik pencarian terhadap keyword “Harbolnas” yang semakin tinggi setiap tahunnya.

Hingga saat ini, Sulawesi Utara dan Kalimantan Utara menduduki posisi kedua dan ketiga dalam pencarian keyword “Harbolnas” di tahun 2017. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat di daerah memiliki animo yang lebih tinggi untuk berbelanja online saat Harbolnas.

Indra menerangkan, semua promo belanja online di atas bisa didapatkan di satu platform bernama ShopBack. Selain lebih efisien, konsumen juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya berupa cashback hingga 30% setiap mengikuti promo-promo tersebut melalui ShopBack. “Cashback yang didapatkan nantinya bisa dicairkan kembali dalam bentuk uang tunai ke dalam rekening bank konsumen,” terang Indra.

Indra memaparkan, pihaknya juga menyediakan tips and tricks untuk berbelanja online yang baik, benar, dan aman. Ditambah lagi dengan cashback yang diberikan, dirinya berharap ShopBack bisa menjadi one stop solution yang menguntungkan bagi orang orang yang ingin berbelanja di akhir tahun.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved