GM Indonesia Investasikan US$ 150 Ribu untuk Bangun Pabrik di Bekasi

General Motor Corporation menegaskan kembali komitmennya untuk Indonesia. Lewat General Motor Indonesia, perusahaan mobil asal Amerika Serikat ini akan menyuntikkan investasi sebesar 150 ribu US$ untuk pembangunan pabrik di Bekasi, Jawa Barat. Investasi ini rencananya akan mulai memproduksi di tahun 2013.

Pabrik seluas 11 hektar ini kami targetkan memproduksi hingga 40 ribu kendaraan per tahun dan dapat menciptakan 800 tenaga kerja baru,” kata Martin Apfel, President GM South East Asia dalam acara 100 tahun Chevrolet di Djakarta Theatre, Jakarta,.

Menurutnya, Asia sekarang in menjadi penting bagi GM. Indonesia, Malaysia dan Thailand adalah investasi penting GM di ASEAN. Dia memprediksikan bahwa 40 tahun ke depan Indonesia akan mengalami pertumbuhan eknomi yang lebih tinggi dari Cina dan India bahkan Rusia.

Penanaman investasi GM di Indonesia ini dilakukan melihat potensi 5 tahun ke depan pertumbuhan Indonesia di kelas menengah akan menjadi pertumbuhan tertinggi di ASEAN. “Keputusan adalah perpanjangan komitmen GM untuk mempertahankan basis manufaktur yang kuat di Indonesia dan Asia Tenggara,” dia menegaskan.

Pabrik GM di Bekasi ini nantinya akan menambah fasilitas pabrik GM yang sudah ada di Rayong, Thailand dan Hanoi, Vietnam. Hal ini menurut Apfel akan menjadi satu strategi pertumbuhan GM di kawasan ASEAN. “Pabrik di Bekasi ini akan menarik basis suplai komponen dalam negeri sekaligus mendorong ekspansi jaringan dealer lokal GM,”katanya.

Marcos A. Purty, Presiden Direkturr PT General Motors Indonesia, menjelaskan, dengan membangun pabrik di Indonesia adalah suatu bentuk dukungan terkuat untuk Indonesia atas peran pentingnya di bisnis global. Sebab, dengan membangun dan menjual produk unggulan di Indonesia akan memungkinkan pihaknya untuk mempertahankan pertumbuhan di dalam pasar yang penting ini, dan pada saat yang sama akan menyokong pertumbuhan ekonomi dan industri otomotif dalam negeri.

Penjualan GM di Indonesia sendiri meningkat sebesar 72% atau mencapai 4.500 unit tahun lalu. Saat ini pertumbuhan sales GM di Indonesia naik sebanyak 18% atau mencapai 2.500 unit pada semester I tahun 2011 dibandingkan 2010. Dengan dukungan 35 dealer yang sudah ada di Indonesia, pabrik ini akan menjadikan pemimpin dalam produksi kendaraan people movers untuk Indonesia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)