HP Tuntaskan Akuisisi Autonomy Senilai US$ 12 Miliar

Hewlett-Packard akhirnya menyelesaikan pembayaran US$ 12 miliar ke perusahaan software asal Inggris, Autonomy. Meskipun sebenarnya ini merupakan pusat dari kegagalan strategi perusahaan sehingga terpaksa memecat Leo Apotheker dari posisi CEO, bulan lalu.

HP mengatakan penawaran 25,50 poundsterling per saham yang merepresentasikan 79% premi (meski banyak pemegang saham menganggap angka tersebut berlebihan), telah diterima oleh pra investor yang mewakili 87,34% saham perusahaan. Ini jauh melebihi ambang batas 75% saham yang dibutuhkan. Sebenarnya, membeli perusahaan berbasis di Cambridge, Inggris, yang menyediakan piranti lunak unstructured data seperti email, panggian telepon, tweets, tidaklah cocok dengan database konvensional yang dimiliki oleh HP. Karena itu, keputusan tersebut dianggap sebagai kegagalan reformasi yang dilakukan Apotheker di Agustus.

Apotheker juga memutuskan untuk menutup unit Palm Web OS, tablet dan smartphone serta menjual atau spin off divisi PC mereka. Pengumuman yang terkesan tergesa-gesa dan hanya berdasarkan kekhawatiran harga tinggi yang ditawarkan oleh Autonomy ternyata malah menjatuhkan saham HP serta memperburuk kredibilitas Apotheker. Meskipun menurut beberapa analis, hampir tidak mungkin, jika dilihat dari aturan pengambilalihan di Inggris, bagi HP untuk keluar dari kesepakatan Autonomy.

Mantan CEO eBay Inc, Meg Whitman, mengatakan setelah menggantikan Apotheker sebagai 'ratu baru' HP, keberadaan Autonomy akan diintegrasikan dengan ekspansi software HP dan akuisisi tersebut sesuai dengan rencana. Kontroversi soal akuisisi itu dipicu oleh ketegangan yang timbul di antara pendiri Autonomy Mike Lynch dan pihak Oracle selaku pesaing HP.

CEO Oracle, Larry Ellison, mengatakan bahwa ia didekati pihak Autonomy namun pihak mereka tidak berminat membeli Autonomy karena harga yang mereka tawarkan terlalu tinggi. Autonomy akan beroperasi sebagai unit bisnis terpisah dengan divisi yang dipimpin Lynch.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)