Listed Articles Editor's Choice

idblogNetwork: Mempertemukan Blogger dengan Advertiser

idblogNetwork: Mempertemukan Blogger dengan Advertiser

Nge-blog bisa menghasilkan uang? Ya. Bahkan, pengiklan (advertiser) akan datang sendiri untuk memasang iklan di blog Anda bila memang traffic dan kinerja blog Anda itu dinilai istimewa. Caranya?

Nah, ada salah satu jalan yang relatif mudah, yakni bergabung dengan idblogNetwork (www.idblognetwork.com), jaringan blog yang bisa dimanfaatkan advertiser untuk menempatkan iklannya di sana.

Memang ada syaratnya, yakni: tulisan di blog tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi, hacking/cracking, illegal content, tidak memuat hak cipta orang lain, tidak meng-copy paste karya orang lain, dan harus orisinal. Pasalnya, para pengiklan tidak mau sembarangan menempatkan iklan produk atau korporatnya pada blog yang mengandung hal-hal yang “menyimpang”, karena bisa menjatuhkan citra produk mereka.

idblogNetwork dikembangkan oleh tiga sekawan, Mochamad Farid, Mubarika Darmayanti, dan Kukuh TW, pada Agustus 2010. Kehadiran idblogNetwork mendapat respons cukup bagus, baik dari blogger maupun advertiser. Saat ini, idblogNetwork telah menghimpun 2.200 blog, dan 4.000 blog masih dalam tahap proses filterisasi dan review. Sementara itu, jumlah pengiklan sudah lebih dari 25 korporat klien/merek, antara lain Nokia (N8, Ovilifetools, E5), Telkomsel (semua merek), XL Axiata, Hong Kong Disneyland, Telkom Flexi, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Kementerian Kesehatan, Biofir, KPK dan Magnum Cafe.

“Melalui idblogNetwork kami ingin memajukan dan mendukung blogger Indonesia, agar menjadi blogger enterpreneur, namun tetap menghasilkan berita atau informasi berkualitas bagi pembacanya,” ujar Kukuh yang duduk sebagai Direktur Teknik idblogNetwork.

Dijelaskan Mubarika, idblogNetwork dibentuk karena melihat adanya peluang untuk membantu para pemilik merek, agensi digital dan manajer merek yang ingin men-deliver pesan iklannya melalui medium blog yang telah terfilter. Kebetulan, Rika — sapaan Mubarika — dan Farid ketika itu masih bekerja di agensi iklan yang khusus menempatkan iklan di web-web besar (Admax Network), sehingga tahu ada niche market yang belum tergarap, yaitu mengelola pemasangan iklan pada laman milik personal publisher atau blogger. “Saya pikir memasang iklan di blog lebih tepat sasaran, audiensnya jelas dan kinerjanya bisa terukur. Kami bisa mengukurnya,” kata Rika yang menjabat sebagai Direktur Bisnis idblogNetwork.

Bagaimana model bisnisnya? Menurut Rika, ada beberapa sistem perhitungan untuk pembayaran iklan di idblogNetwork. Pertama, cost per click, yaitu setiap kali pengunjung blog mengklik blog tersebut dan melihat iklan lalu mengkliknya, akan diberikan satu poin yang bisa dihitung untuk pembayaran ke blogger. Kedua, cost per action, yaitu pengunjung blog sudah mulai melakukan aksi, misalnya dengan mengisi formulir, memberikan feedback, membaca brosur pada iklan tersebut, dan sebagainya. Ketiga, cost per post, yakni pemasang iklan membayar setiap review atas materi iklan yang diinginkan — seperti advertorial di media konvensional. Misalnya, belum lama ini idblogNetwork membawa enam blogger ke Hong Kong Disneyland untuk membuat review tentang tempat wisata tersebut. “Para blogger tersebut nanti membuat tulisan perjalanan mereka ke sana,” kata Rika.

Keempat, atau yang terbaru, adalah pendekatan cost per tweet, berupa Twitter Campaign yang melibatkan blogger untuk melakukan kampanye suatu produk melalui microblogging Twitter. Salah satu produk yang sudah menggunakan layanan iklan cost per tweet dari idblogNetwork adalah MyZone untuk kampanye rasa barunya, Your Flava Celebration.

Dengan adanya situs agregator blog ini, para blogger akan mendapatkan bayaran untuk setiap iklan yang terpasang di blognya. Menurut Rika, rata-rata seorang blogger bisa mendapat bayaran mulai dari satu hingga belasan juta rupiah untuk tiap iklan yang terpasang di blog mereka. Bahkan, ia mengklaim, sekitar 50% blogger yang dikelola idblogNetwork sudah mampu mendapat honor lebih dari Rp 8 juta/bulan. “Karena itu, banyak blogger yang ingin mendaftar masuk jaringan idblogNetwork. Setiap hari bisa 200 blog yang mendaftar.”

Salah satu blogger yang bergabung dengan jaringan idblogNetwork adalah Amril Taufik Gobel, yang memiliki domain DaengBattala.com. “Saya baru gabung ke idblogNetwork Januari tahun ini,” ungkap Amril, yang sehari-hari berprofesi sebagai Manajer Logistik PT National Oilwell Varco, kontraktor pengeboran minyak dan gas bumi.

Amril termasuk salah satu blogger yang diajak ke Hong Kong untuk membuat review perjalanan ke Hong Kong Disneyland. Sebelumnya, ia pernah mengerjakan review iklan Telkomsel, Magnum Café, dan Depbudpar tentang Pulau Komodo, the 7 Wonder’s. “Saya senang dengan adanya idblogNetwork, karena tulisan di blog saya bisa menghasilkan uang. Bahkan, bisa jalan-jalan ke luar negeri gratis,” ujar Amril sambil tertawa. (*)

Reportase: Herning Banirestu


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved