Indonesia Teratas Gunakan Opera Mini di Mei 2010

Indonesia akhirnya mengalahkan Rusia setelah lama menjadi rivalnya sebagai negara teratas dalam penggunaan Opera Mini, berdasarkan statistik yang dikeluarkan oleh Opera Software. Lebih dari dua tahun, Rusia menempati peringkat pertama, namun tidak dapat menghindar seiring dengan pertumbuhan jumlah pengguna Indonesia yang cukup signifikan, sebesar 317% sejak tahun kemarin. Opera Mini memiliki lebih dari 76% pangsa pasar mobile browsing di Indonesia pada Mei 2010.

Pada Mei 2010, Opera Mini telah memiliki lebih dari 61,4 juta pengguna, meningkat 4,2% dari bulan sebelumnya. Sejak Mei 2009, jumlah pengguna unik pun meningkat 142.0%. Pengguna Opera Mini melihat lebih dari 28,3 juta halaman di Mei 2010 kemarin, tumbuh 193,8% dari periode yang sama tahun sebelumnya, dan meningkat 7,7% dari April 2010.

Pengguna Opera Mini per Mei 2010 telah menggunakan lebih dari 433 juta Mb data dari operator di seluruh dunia dan sejak April, dan data yang dikonsumsi meningkat 8,8%. Data di Opera Mini di kompresi terlebih dahulu hingga 90%. Jika data-data ini tidak dikompresi, pengguna Opera Mini seharusnya telah melihat lebih dari 4.0 petabytes data di bulan Mei. Trafik data meningkat 171,8% sejak Mei tahun lalu.

Di Indonesia, pertumbuhan halaman yang dilihat sejak Mei 2009 sebesar 570,6%. Pertumbuhan pengguna unik sejak Mei 2009 adalah 317,1%. Sedangkan jumlah halaman yang dilihat per pengguna sebanyak 676 halaman, dengan jumlah data yang ditransfer per halaman yang dilihat adalah 9 Kb. Untuk data yang ditransfer per pengguna yakni 6 Mb. Adapun Facebook, Google, dan Detik.com merupakan tiga urutan teratas situs yang dilihat oleh pengguna unik Indonesia.

Jon von Tetzchner, Pendiri Opera Software, mengucapkan selamat kepada Indonesia yang kini memimpin akses mobile web melalui Opera Mini di dunia. Menurutnya, hal tersebut merupakan hasil dukungan yang luar biasa yang diberikan komunitas pengguna Opera kepada pihaknya.

 

Selain pergantian Indonesia ke posisi teratas, Nigeria lompat mendahului Ukraina, sedangkan Afrika Selatan melompati Amerika Serikat. Setelah adanya perubahan,10 negara teratas atas, pengguna Opera pada Mei 2010 adalah Indonesia, Rusia, India, Cina, Nigeria, Ukraina, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Vietnam dan Inggris.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)