Indosat Tingkatkan Kapasitas SMS Hingga 1,2 Miliar Per Hari


Bagi dunia telekomunikasi, hari lebaran selalu ditandai dengan lonjakan kapasitas luar biasa. Untuk itu, Indosat meningkatkan kapasitas layanannya. Untuk SMS Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 1,2 miliar SMS/hari, sementara untuk layanan data Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 100 terabyte/hari.
“Peningkatan kapasitas untuk suara, SMS dan data tersebut kami lakukan untuk mengantisipasi kenaikan trafik yang cukup signifikan untuk masa-masa sebelum, selama dan sesudah Hari Raya Lebaran, ujar Djarot Handoko, Division Head Public Relations Indosat.
Sejalan dengan peningkatan kapasitas tersebut, Tim Network Indosat sendiri telah selesai melakukan test drive sepanjang jalur mudik, baik Jalur Utara, Jalur Tengah maupun Jalur Selatan. Djarot mengklaim, secara umum hasil test drive menunjukkan jaringan Indosat bagus dan siap mengantisipasi kemungkinan kenaikan trafik yang terjadi. Kesiapan jaringan ini juga didukung oleh jangkauan dan jumlah jumlah BTS (baik 2G maupun 3G), dimana hingga semester I 2011, jumlah BTS Indosat telah mencapai 18.408 BTS.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, Indosat juga membentuk Lebaran Command Center sebagai bagian dari pusat pengontrolan seluruh jaringan Indosat secara Nasional, yang mulai beroperasi pada tanggal 27 Agustus – 1 September 2011, beroperasi 24 jam penuh. Lebaran Command Center direncanakan untuk memantau dan mengontrol performansi jaringan selama Lebaran, termasuk mendeteksi gangguan jaringan agar ditangani dengan cepat serta terintegrasi.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)