Listed Articles

Ingin Terkenal? Kenali 2 Jenis WOMM

Oleh Admin
Ingin Terkenal? Kenali 2 Jenis WOMM

Untuk menilai sebuah hasil Words of Mouth Marketing (WOMM) harus dilihat dari definisinya dahulu. Sebagai salah satu cara untuk mempopulerkan brand, banyak pebisnis mengandalkan teknik ini. Ingin sukses? Pelajari jenis WOMM.

Hal ini dikatakan oleh Agus W. Soehadi, pengamat pemasaran sekaligus profesor dan pengajar dari Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya. “Intinya adalah bagaimana aktivitas yang dilakukan oleh brand owner itu dibicarakan oleh para konsumen. Dari situ baru bisa dilihat seberapa jauh aktivitas yang dilakukan oleh brand dibicarakan oleh konsumennya,”katanya.

Menurut Agus, WOM itu sendiri ada 2 sifat yang disebutnya sebagai organic WOMM dan By Plan WOMM. Organic WOMM hadir di saat konsumen secara sukarela mempromosikan sebuah produk atau merek, sedangkan By Plan adalah sebuah produk dibicarakan memang sudah didesain oleh sang produsen agar bisa dibicarakan. Agus memberikan contoh program Anlene 10.000 langkah untuk by plan WOMM, sedangkan untuk organic WOMM contohnya adalah iklan berseri Ponds.

“Ponds itu iklannya tidak didesain untuk WOMM, tetapi karena iklannya sangat menarik sehingga menjadi pembicaraan dan orang menunggu-nunggu seri berikutnya seperti apa,”katanya. Dirinya menambahkan bahwa WOMM sebaiknya bisa memadukan 2 sifat tersebut, bukan hanya by design tetapi juga secara volunteery.

Agus juga menanggapi hadirnya Detik.com yang merupakan produk yang jarang beriklan. Agus mengatakan bahwa Detik sifatnya drop sight, menyediakan panggung bagi banyak orang yang memungkinkan setiap orang bisa aktif di sana dan memberikan kontribusi. “Apabila kita membicarakan konsep co-creation, intinya adalah konsumen bisa sharing ketika mengonsumsi produk yang ditawarkan produsen. Hal ini tentunya bisa dilihat seperti Kaskus,”katanya. Dalam WOMM sendiri, unsur price saja tidak signifikan berpengaruh karena sejak dahulu memang dibicarakan.

Agus mengatakan bahwa ada beberapa konsep yang bisa dilakukan untuk meningkatkan WOMM. Salah satunya adalah membuat program yang memberikan ncourage communications. Pengusaha bekerja dengan komunitas dan menyediakan forum dan feedback contohnya dengan memberikan acara atau kompetisi lewat media sosial.

Konsep lainnya adalah memberikan konsumen sesuatu untuk dibicarakan seerti iklan Dove atau Ponds dengan memberikan kesempatan bertemu Afgan. Lalu menciptakan komunitas dan mengkoneksi orang-orang, bekerjasama dengan komunitas yang berpengaruh seperti kebanyakan produsen otomotif yang selalu mengikutsertakan komunitas otomotif dalam setiap acaranya.

Selain itu, pebisnis bisa memberikan seseorang pembicara atau evengelist, Agus menyebutnya, untuk mempromosikan program. Contohnya adalah Agen 1.000 Sunlight, oleh produk sabun cuci piring Sunlight. Lainnya adalah mengadakan penelitian dan mendengarkan feedback dari konsumen, menciptakan percakapan yang transparan, konsep Co-Creation dan sharing informasi. (Acha)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved