Listed Articles

Inilah 'Senjata' Tablet Kindle Fire US$ 199

Inilah 'Senjata' Tablet Kindle Fire US$ 199

Amazon.com Imc, ritel online terbesar di dunia, meluncurkan komputer tablet Kindle Fire yang dibanderol harga US$ 199 sebagai cara bersaing dengan iPad milik Apple Inc. Berukuran 7 inci, Kindle Fire diharapkan membantu Amazon melebarkan sayap di dunia digital.

Harga Kindle Fire memang mengagetkan mengingat iPad termurah saja seharga US$ 499. Perangkat mirip alat baca elektronik Kindle ini memanfaatkan sistem operasi Android dari Google Inc. Amazon juga akan memperkenalkan e-reader versi layar sentuh yang diberi nama Kindle Touch. CEO Amazon.com Jeff Bezos bertaruh dapat memanfatkan dominasi Amazon di dunia e-commerce dalam bersaing dengan tablet keluaran Apple, Research In Motion Ltd ataupun Hewlett-Packard Co.

Keberadaan buku elektronik, film dan musik yang menjadi andalan fitur Amazon di perangkat tersebut akan membantu meningkatkan keuntungan yang ‘sedikit’ akibat rendahnya harga tersebut, ujar analis Wedge Partners Corp, Brian Blair. Mulai hari ini, konsumen dapat memesan tablet baru ini ataupun versi biasa e-reader Kindle seharga US$ 79, e-reader layar sentuh baru seharga US$ 99 untuk jaringan nirkabel dan US$ 149 untuk akses 3G. Produk Kindle berharga paling rendah dikapalkan hari ini, Kindle Fire pada 15 November dan e-reader layar sentuh dirilis pada 21 November.

Kindle Fire hanya menawarkan koneksi nirkabel dan layanan percobaan gratis selama 30 hari untuk Amazon Prime, fitur keanggotaan senilai US$ 79 per tahun untuk layanan streaming video dan pengapalan produk gratis selama dua hari. Web browser yang disebut Amazon Silk akan digunakan dengan memanfaatkan komputasi awan sebagai cara meningkatkan akses kecepatan dari konten di internet. Tablet tersebut dapat diperoleh di situs Amazon ataupun ritel yang sebelumnya menjual e-reader Kindle.

Amazon merangkai tablet tersebut dengan sistem antarmuka yang muda serta beberapa konten menarik seperti majalah, film dan musik. Tampaknya, Amazon memanfaatkan popularitas tablet mengingat lembaga penelitian Forrester Research Inc memperkirakan pasar tablet akan tumbuh 51% per tahun hingga 2015. Meskipun iPad terjual 28,7 juta, situs e-commerce menyebutkan bahwa mereka melihat peningkatan traffic yang mengejutkan dari tablet. Forrester Research melaporkan penjulan online via tablet menyumbang 20% total transaksi e-commerce seluler. Bahkan, 60% konsumen memanfaatkan tablet untuk berbelanja.

Klindle Fire akan mendapatkan akses sepenuhnya ke Pandora Media Inc, Twitter, Facebook dan Netfliz Inc. Meskipun kompetitor lain seperti Barnes & Noble Inc dapat memasukkan aplikasi mereka di Kindle Fire, namun tetap saja, sang pemilik lebih gampang mengakses konten Amazon. Perusahaan menghemat uang di Kindle Fire dengan hanya memasukkan memori 8 GB, berbanding dengan iPad termurah bermemori 64 GB. Meskipun begitu, konsumen dapat mengakses buku, musik, film ataupun dokumen pribadi berkapasitas besar melalui layanan komputasi awan Amazon, gratis.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved