Listed Articles

Kalahkan Google, Zynga Incar US$ 1 Miliar di IPO

Kalahkan Google, Zynga Incar US$ 1 Miliar di IPO

Zynga Inc, berharap mampu meraup US$ 1 miliar dalam penawaran umum perdana (IPO) terbesar sepanjang sejarah Amerika Serikat, mengalahkan Google Inc. Zynga menawarkan 100 juta saham senilai US$ 8,50 hingga US$ 10 per saham.

Rasio tertinggi saham memungkinkan perusahaan yang berbasis di San Francisco itu mendapatkan US$ 7 miliar. Zynga yang menjadi pengembang game terbanyak bagi Facebook Inc awalnya merencanakan IPO yang jauh lebih besar. Namun, berkaca dari pengalaman perusahaan internet sebelumnya, Groupon Inc dan Pandora Media Inc, perusahaan menurunkan ekspektasi mereka. Zynga menjual sekitar 14% saham biasa mereka, porsi yang lebih besar dari penawaran yang diberikan beberapa perusahaan web lain, tahun ini.

“Ini merupakan refleksi dari apa yang kita lihat dari Groupon,” kata David Dillon, manajer HighMark Capital Management kepada Bloomberg. “Jika Anda terlalu tinggi menghargai diri Anda sendiri, Anda akan merugi dalam jangka panjang.”

Facebook mungkin meraup US$ 10 miliar di IPO tahun depan sehingga memungkinkan perusahaan jejaring sosial terbesar di dunia itu bernilai US$ 100 miliar. Google, situs pencarian terbesar di dunia, meraup US$ 1,9 miliar pada IPO di 2004. Zynga berambisi memanfaatkan popularitas mereka di jejaring sosial dan penjualan barang-barang virtual. Perusahaan memungkinkan konsumen bermain game dengan gratis namun berhasil meraup keuntungan dengan menjual barang fiktif seperti townhouse di ‘CityVille’ atau kapal pesiar di ‘Empires & Allies’.

Didirikan pada 2007, Zynga menyewa Morgan Stanley dan Goldman Sachs Group Inc untuk mengelola proses IPO perusahaan. Saham Zynga akan diperdagangkan di Nasdaq Stock Market dengan simbol ZNGA. Zynga berhasil menarik perhatian 6,7 juta pengguna yang rela menggelontorkan uang mereka untuk membeli barang virtual di 9 bulan pertama di 2011. angka yang jauh lebih tinggi dibandingkan 5,1 juta pengguna di awal 2011.

Zynga pun meraup pendapatan dua kali lipat menjadi US$ 828,9 juta. Pasar barang virtual seluruh dunia pun diperkirakan naik dua kali lipat menjadi US$ 22,5 miliar di 2015 dari US$ 9,27 miliar di 2010, berdasarkan data Lazard Capital Markets. Oktober lalu, Zynga mengumumkan layanan baru yang disebut Project Z. ini merupakan cara untuk mengurangi ketergantungan kepada pengguna Facebook. Perusahaan juga memperkenalkan game baru, termasuk ‘Zynga Bingo’ dan ‘Hidden Chronicles’.

Sekitar 93% pendapatan di kuartal ketiga Zynga berasal dari Facebook, situs jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg. Angka tersebut berkisar dari 91% hingga 94% sejak awal tahun lalu, berdasarkan data Zynga. Untuk meraih lebih banyak pangsa pasar, Zynga berencana masuk ke pasar mobile. Pasalnya, perusahaan mengatakan, November lalu, angka pengguna aktif melalui perangkat seluler naik 10 kali lipat dari November 2010 hingga September 2011, mencapai 9,9 juta pengguna.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved