KPC Pasarkan Batubara Produksi Tambang Bengalon

Sebagaimana pelayanan lainnya, KPC telah melakukan pengapalan pertamanya dengan mengirimkan hasil tambang tersebut, baik menggunakan kapal tongkang yang langsung dipindahkan ke kapal laut penggerak angkut dan curah, maupun menggunakan coeclerici floating transfer station (FTS) yang mampu berulang kali mengisi kapal besar hingga angka nominal 18 ribu tpd.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, KPC membangun infrastruktur di tambang yang berjarak 35 km arah utara dari tambang Sangatta. Infrastruktur tersebut meliputi barak pekerja, bengkel, jalan raya dari lokasi galian menuju dermaga, fasilitas pengolahan batubara dan penimbunan serta fasilitas pemuatan ke dalam tongkang yang lokasinya di dermaga Lubuk Tutung.

“Dengan kemampuan yang terus ditingkatkan karena didukung oleh peningkatan faktor produksi yang semakin baik, maka pengapalan pertama ini diharapkan dapat menciptakan kinerja KPC yang semakin tinggi,” ujar Ari S Hudaya, Presdir Bumi Resources.

Di tambang yang baru itu, KPC menunjuk mitra kerjanya PT Darma Henwa –kontraktor pembangunan infrastruktur dan jasa penambangan– dengan kontrak 10 tahun. “Kami berharap, Darma Henwa mampu memproduksi batubara hingga 3 juta ton sampai akhir 2005,” tambah Ari.

Tags:

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Arief Hidayat

Lulusan teknik mesin Universitas Trisakti dan MBA dari Universitas Negeri San Diego, Amerika Serikat ini bertanggung jawab atas segala hal...

Close