Listed Articles

Merugi, News Corp Jual MySpace Senilai US$ 35 Juta

Merugi, News Corp Jual MySpace Senilai US$ 35 Juta

News Corp setuju untuk menjual MySpace kepada Specific Media Inc sebagai cara mengakhiri bisnis jejaring sosial yang dianggap merugi itu. News Corp akan menerima US$ 35 juta, termasuk 5% saham di Specific Media. Meskipun begitu, kedua perusahaan tidak menginformasikan ketentuan spesifik akuisisi itu.

MySpace yang pernah diagungkan oleh Ketua dan CEO News Corp Rupert Murdoch itu mengalami penurunan popularitas secara drastis semenjak keberadaan jejaring sosial Facebook. News Corp membeli MySpace pada 2005 dengan nilai US$ 580 juta. “Akhirnya MySpace lepas dari pembukuan mereka (News Corp) dengan nilai tertentu,” ujar Michael Gartenberg, analis di Gartner Inc. “Ini menunjukkan betapa cepatnya perubahan di dunia Web dan seberapa cepat nilai US$ 580 juta lenyap.”

CEO MySpace, Mike Jones akan meninggalkan perusahaan setelah dua bulan masa transisi yang mencakup pemotongan kerja secara signifikan. News Corp yang berbasis di New York akan memiliki saham di perusahaan pengiklanan online Specific Media setelah transaksi selesai. “Media sosial telah mengubah bagaimana masyarakat berinteraksi dengan dunia hiburan,” ujar CEO Specific Media, Tim Vanderhook. “Hanya sedikit nama yang memiliki keunggulan internasional MySpace.”

Bagi Specific Media, pengunjung MySpace sebanyak 34,9 juta per bulan menjadi konsumen menarik bagi pengiklanan online mereka. Perusahaan yang didirikan pada 1999 itu memang mengkhususkan diri dalam jaringan iklan online. Aktor Hollywood, Justin Timberlake akan mendapatkan sejumlah saham di Specific Media serta membantu pengembangan strategi MySpace. Timberlake dikabarkan mulai ‘ngantor’ di Beverly Hills pada akhir tahun 2011 dan mengawasi enam karyawan terkait pengembangan produk.

“Kami berharap dapat menghidupkan kembali merek tersebut dan memberikan lebih banyak alasan bagi konsumen untuk hadir,” kata Vanderhook. “Justin Timberlake akan memberitahu kami bagaimana merebut hati mereka dan memberikan alasan bagi konsumen untuk datang.” Vanderhoook bertanggung jawab untuk menciptakan gaya iklan terbaru semenjak keberadaan media internet berkembang sangat cepat dalam satu dekade.

Specific Media mengumpulkan US$ 100 juta dari perusahaan ekuitas Francisco Partners pada 2007. Akuisisi itu termasuk perusahaan video online Broadband Enterprises. Di bawah naungan pemilik baru, MySpace tampaknya tidak harus berkompetisi dengan Google Inc atau Facebook Inc sebagai jejaring sosial. Namun tetap saja, Specific Media akan mencari ‘cara baru’ untuk mengeruk keuntungan.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved