Listed Articles

Meski Penjualan Turun, Daihatsu Optimis Capai Target 2011

Meski Penjualan Turun, Daihatsu Optimis Capai Target 2011

Pasar otomotif nasional bulan November 2011 kembali mengalami kontraksi menyusul banjir berkepanjangan di negeri Gajah Putih, Thailand, mengingat sekitar 4% dari pasar mobil nasional berupa CBU (completely built up) impor. Penjualan Daihatsu bulan November 2011, wholesales maupun retailsales, juga mengalami penurunan, karena proses start up produksi type baru All New Xenia di pabrik Daihatsu.

Selama November 2011 penjualan wholesales tercatat pada angka 10.312 unit atau 15,3% dari pasar wholesales nasional. Angka ini menurun 21,1% dibanding penjualan Oktober 2011 sebesar 13.065 unit. Sementara penjualan ritel Daihatsu bulan November 2011 mencapai angka 11.638 unit atau 17,1% dari penjualan retail nasional. Angka ini menurun 12,42% dibanding penjualan ritel Oktober 2011 sebesar 13.289 unit.

Namun untuk akumulasi periode Januari – November 2011, penjualan wholesales mencapai angka 123.761 unit atau 15,2% dari pangsa pasar nasional. Sedangkan retail sales periode yang sama tercatat 125.853 unit atau 15,5% dari pangsa pasar retail nasional. Pencapaian ini semakin dekat dengan target wholesales Daihatsu tahun 2011 dan semakin memantapkan posisi Daihatsu sebagai peringkat kedua penjualan mobil nasional.

“Melihat perkembangan ini kami optimis penjualan Daihatsu tahun 2011 akan melewati target sebesar 125.000 unit. Saat ini peminat All New Xenia masih perlu menunggu 2-3 bulan untuk mendapatkannya.” ujar Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor.

Mini MPV Xenia masih menjadi kontributor terbesar bagi Daihatsu November 2011 ini. Di segmen retail, Xenia memberikan kontribusi sebesar 40,3% atau 4.685 unit, dimana hampir separuhnya merupakan All New Xenia yang diluncurkan 9 November 2011 lalu. Daihatsu Gran Max (Pick Up dan Minibus) sebagai produk kelas low commercial menjadi kontributor ke-2 sebesar 33,1% atau 3.854 unit.

Berikutnya adalah medium SUV Daihatsu Terios sebesar 19,4% atau 2.259 unit. Diikuti Daihatsu Luxio sebesar 515 unit (4,4%) dan Sirion 325 unit (2,8%). “Penjualan November 2011 masih didorong oleh segmen kendaraan komersial, meski segmen mobil penumpang juga ikut tumbuh,” kata Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor, Rio Sanggau.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved