Pelanggan XL Kumpulkan Rp 285 Juta untuk Bencana Alam

Meski hanya melalui SMS, namun pelanggan XL mampu kumpulkan Rp 285 juta lebih untuk korban bencana alam di Wasior, Mentawai, dan Merapi.  Penyaluran donasi kepada korban dilakukan melalui kerjasama dengan tiga lembaga kemanusiaan, yaitu Pos keadilan Peduli Umat (PKPU, UNICEF, dan Pundi Amal SCTV di Jakarta, Rabu (28/4) oleh VP Enterprise & Carrier XL, Titus Dondi kepada perwakilan ketiga lembaga.

“ Program SMS Donasi ini merupakan bagian dari komitmen XL untuk selalu sigap meringankan beban korban bencana di Indonesia. Kebetulan sekali, layanan telekomunikasi sangat berguna untuk mendukung program kemanusiaan, baik untuk berkomunikasi, mengirimkan informasi, maupun mengumpulkan bantuan seperti melalui SMS Donasi,” ujar Titus.

Dari program yang mulai di buka pada Oktober 2010 – 31 Desember 2010 tersebut, terkumpul dana masing-masing untuk Wasior senilai Rp 60,598,866, Mentawai (Rp 91,987,941), dan Merapi (132,818,736). XL tidak memotong sepeserpun dana dari pelanggan tersebut. Bersama dengan tambahan dana bantuan dari XL dan karyawan XL, donasi pelanggan tersebut selanjutnya akan disalurkan ke para korban oleh PKPU (Wasior), UNICEF (Mentawai), dan Pundi Amal SCTV (Merapi).

XL membuka SMS Donasi Pelanggan untuk membantu setiap bencana alam besar yang melanda tanah air. Sejak dibuka pada Oktober-Desember 2010, hampir 100 ribu SMS telah masuk dari pelanggan memanfaatkan program ini untuk menyalurkan donasinya bagi korban ketiga di atas. XL selanjutnya ikut mengawal penyalurannya untuk memastikan dana pelanggan/masyarakat tersebut tepat sasaran.

Selain itu, secara terpisah melalui program tanggung jawab sosial perusahaan, XL juga menyalurkan donasi perusahaan dan donasi karyawan ke ketiga bencana sejak hari-hari pertama pasca terjadinya bencana hingga pada tahap pemulihan. Bahkan untuk Merapi, mengingat skala kerusahaan, wilayah bencana yang luas, serta jumlah korban yang banyak, program CSR XL masih akan terus berlanjut hingga hari-hari ke depan.

Untuk Wasior, PKPU antara lain membangun Balai Latihan Kerja berbasis Service Handphone dan dapat dikuti oleh sekitar 120 orang dari berbagai elemen masyarakat (orang tua, guru, perangkat desa dan pelajar). Pelatihan akan dilakukan sepanjang 6 bulan. Sementara itu untuk Mentawai, UNICEF menyalurkan donasi dalam bentuk 750 paket higenis, 40 ribu botol pemurnian air, 15 paket psikososial, dan 6 ribu tempat tidur darurat.

Untuk Merapi, dengan donasi pelanggan XL, Pundi Amal SCTV antara lain melakukan penghijauan di sekitar daerah Glagaharjo Cangkringan Sleman (DI Yogyakarta) dan Balerante, Klaten (Jawa Tengah)  dengan total menanam 25 ribu pohon pada lahan seluas 40 hektar guna mendukung 798 KK. Donasi pelanggan dan karyawan juga dimanfaatkan untuk membuat kolam air bersih, penyediaan peralatan pertanian, pupuk, serta alat komunikasi.


Tags:
CSR donasi XL

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)