Listed Articles

Penjualan Bersih Merck di 2010 Hanya Tumbuh Satu Digit

Penjualan Bersih Merck di 2010 Hanya Tumbuh Satu Digit

Perusahaan farmasi dan kimia dari Jerman, PT Merck Tbk di tahun 2010 hanya berhasil mencatat pertumbuhan penjualan bersih satu digit saja, 5,9%, yakni dari dari Rp 751 miliar di 2009 menjadi Rp 796 miliar. Adapun laba bersihnya sebesar Rp 118 miliar.

“Kenaikan pendapatan penjualan sebesar 5,9% merupakan kontribusi signifikan dari divisi bahan kimia dan perawatan kesehatan konsumen masing- masing sebesar 34% dan 25%, sedangkan Merck Serono mengkontribusi sebesar 41%,” ujar Markus Bamberger, Presdir PT Merck Tbk, Kamis, 14 April 2011.

Merck sendiri memiliki tiga divisi. Pertama, divisi Merck Serono, yang bertanggung jawab atas kegiatan pemasaran dan distribusi obat-obatan ethical atau dengan resep. Kedua, divisi perawatan kesehatan konsumen yang mendistribusikan obat bebas atau over the counter (OTC).

Terakhir divisi bahan kimia yang memasarkan dan mendistribusikan produk-produk kimia.

Adapun pencapaian Merck Serono di 2010 mengalami kemerosotan pendapatan sebesar 7% menjadi Rp 327 miliar. Merck Serono sendiri mengontribusikan 41% dari total pendapatan perseroan.

Berbanding terbalik, divisi perawatan kesehatan konsumen justru mencatatkan pertumbuhan 16% di 2010 menjadi Rp 199 miliar. Divisi Perawatan Kesehatan Konsumen memberikan kontribusi sebesar 25% terhadap pendapatan perseroan.

Di tahun 2010, divisi bahan kimia memberikan kontribusi atas pendapatan penjualan sebesar Rp 270 miliar dibandingkan dengan Rp 228 miliar di tahun 2009. Divisi ini menyumbangkan 34% dari total pendapatan perseroan.

Selain itu, divisi bahan kimia Merck di 2010 dipecah menjadi dua divisi baru Merck Milipore dan Performance Material. Sebabnya Merck di 2010 merangkul Milipore, perusahaan terkemuka di bidang life science yang berbasis di Billerica, Massachusetts, USA.

Divisi baru ini akan menawarkan rangkaian produk, teknologi, dan layanan superior yang komprehensif bagi perusahaan-perusahaan farmasi dan bioteknologi. Secara lokal, Milipore tidak memiliki entitas legal. Meskipun demikian integrasi ini memberikan peluang baru bagi PT Merck Tbk selain dapat menawarkan rangkaian produk dan layanan yang lebih komprehensif bagi para konsumen di Indonesia.

Markus juga mengemukakan beberapa pencapaian yang diraih oleh PT Merck Tbk di tahun 2010. Salah satu sukses tersebut ialah implementasi proses Aplikasi Piranti Emerald atau Software Application Processes (SAP) yang diluncurkan pada bulan Mei 2010. Proyek ini dilaksanakan untuk mempermudah proses bisnis dalam organisasi dan meningkatkan efisiensi serta efektivitas kerja.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved