Listed Articles

'Perang' Teknologi di Bisnis Situs Diskon

'Perang' Teknologi di Bisnis Situs Diskon

Maraknya situs yang menawarkan potongan harga (daily deals) membuat persaingan makin ketat dalam menarik perhatian masyarakat. ‘Senjata’ pun beragam. Mulai dari kuantitas merchant yang ditawarkan, potongan harga besar-besaran dan keragaman jenis merchant. Yang terbaru, jangkauan teknologi. Caranya? Seberapa besar memanfaatkan kecintaan masyarakat dengan smartphone.

Inilah yang dilakukan oleh PT Think Indigo Asia yang memperkenalkan situs potongan harga Di Kota Kita. Bagi perusahaan, cara menarik perhatian konsumen tidak bisa lagi berbicara soal kualitas dan kuantitas merchant tapi soal bagaimana memudahkan konsumen mengakses situs tersebut. “Sebagian besar pesaing kami memiliki benang merah yang hampir sama yaitu jumlah dan keragaman merchant. Sayangnya, mereka cukup menyulitkan konsumen karena proses yang bertele-tele dan ‘memaksa’ konsumen mencetak (print) bukti pembayaran voucher. Ini kan buang-buang kertas dan berkaitan dengan global warming,” kata Chief Marketing Officer, Diana Rikasari.

Karena itu, PT Think Indigo Asia memperkenalkan Zapp, aplikasi BlackBerry baru yang khusus dikembangkan untuk seluruh anggota dan mitra bisnis dikotakita.com agar bisa bertransaksi online dengan cepat dan aman. “Dengan aplikasi Zapp, konsumen tidak perlu repot-repot melakukan konfirmasi ke kami karena sudah dilakukan secara optimis serta tidak perlu cetak voucher. Pasalnya, konsumen hanya perlu menunjukkan aplikasi tersebut ke merchant lalu pihak merchant memberikan kode verifikasi bila voucher ingin digunakan,” kata Diana lagi.

Manfaat Zapp pun tidak hanya dirasakan bagi para anggota tetapi juga bagi para mitra bisnis karena mereka tidak perlu lagi kesulitan memeriksa daftar transaksi voucher secara manual. Sistem Zapp memungkinkan penghitungan voucher, baik yang sudah digunakan atau belum oleh konsumen, secara otomatis. Berdasarkan data Nielsen, 48% masyarakat mengakses internet melalui perangkat seluler. “Ini menjadi indikasi bahwa dunia internet dan smartphone tidak dapat lagi dipisahkan. Karena itu, kami ingin hadir di tengah masyarakat melalui aplikasi BlackBerry. Sesuatu yang tidak dilakukan oleh para pesaing kami,” kata Diana dengan bangga. Aplikasi tersebut akan segera hadir di Android dan iPhone. Namun, tidak dalam 2 bulan mendatang.

Dengan gebrakan tersebut, Diana mengaku optimis dapat meraih peningkatan tiga kali lipat dalam jumlah mercant maupun konsumen yang terdaftar di dikotakita.com. “Kami optimis meraih peningkatan tiga kali lipat di semester pertama 2012,” kata Diana lagi. Sayangnya, ia menolak membeberkan jumlah merchant ataupun konsumen yang terdaftar saat ini.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved