Listed Articles Trends zkumparan

Produk Indonesia di Festival Belanja Online Terbesar Sedunia

Jack Ma dimenjelang peluncuran Festival Belanja 11.11.***

Lima produk Indonesia ikut serta dalam Festival 11.11, festival belanja online terbesar di dunia di Tiongkok. Merek produk itu: Kopi Kapal Api, biskuit Richeese, kerupuk Udang Papatonk, Indomie Goreng, dan Sarang Burung Walet Yan Ty Ty.

Festival ini dinamai Festival 11.11 atau Single Day )11.11), karena festival belanja online ini memang dimulai setiap 11 November (11.11).

Yang perlu menjadi catatan, Singles Day tahun ini dilakukan di tengah kelesuan ekonomi dunia dan hiruk pikuk perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

Jack Ma wefie dengan Duta Besar Republik Indonesia di Tiongkok, Djauhari Oratmangun bersama Ibu, dan undangan lainnya.***

Dan meskipun terjadi perang dagang antara AS dan Tiongkok, jumlah merk internasional yang mengikuti Singles Day 2018 mencapai lebih dari 100 ribu, melonjak dari angka tahun 2017 yang berjumlah sekitar 60 ribu merk internasional. Penjualan Singles Day juga melampaui jumlah penjualan festival belanja di Amerika Serikat, Black Friday, pun bila digabungkan dengan jumlah penjualan Cyber Monday di Amerika pada tahun yang sama. Black Friday hanya menghasilkan USD 5 milyar Dolar AS dan Cyber Monday USD 6.59 milyar Dolar AS. Sementara Singles Day di tahun yang sama menghasilkan transaksi USD 25,38 milyar Dolar AS, dalam satu hari. Tahun 2018 ini, Alibaba menargetkan penjualan Singles Day naik lagi menjadi USD 35 Milyar Dolar AS.

Sejak peluncurannya pertama kali di pada 2009, dari tahun ke tahun Singles Day diikuti oleh semakin banyak retailer dari seluruh dunia. Dari tahun ke tahun, Alibaba juga mengembangkan promosi dan pengemasan acara ini, termasuk dengan mengundang artis internasional pada acara malam gala.

Duta Besar Djauhari Oratmangun di depan contoh produk dari Indonesia yang mengikut Festival Belanja 11.11.***

Aneka produk yang dijual antara lain seperti smartphone, televisi, dan barang-barang konsumen lainnya termasuk aneka produk fashion, mebel, produk kesehatan, produk kebutuhan sehari-hari seperti tisu toilet dan produk kebersihan. Bahkan, tersedia juga mobil, yang penjualannya juga cukup kuat.

Tahun 2018, memanfaatkan besarnya penjualan Singles Day di Alibaba dan kehebohan promosi kegiatan tersebut, Indonesia bergabung bersama lima negara Eropa lainnya yaitu Denmark, Italia, Spanyol, Kanada, dan Inggris dalam Singles Day. Indonesia juga merupakan satu-satunya negara di Asia yang ikut dalam acara ini.

Dalam rangka mempersiapkan keikutsertaan Indonesia dalam festival ini, Indonesia bekerjasama dengan Alibaba Group juga telah melakukan serangkaian promosi menuju 11.11 yang dimulai dengan peluncuran platform (online) Pavilion Indonesia di Tmall — salah satu platform belanja online Alibaba — pada 19 Oktober 2018. Setelah itu diikuti peluncuran platform Pavilion Indonesia (offline) pada Tmall Global di Oriental Pearl Tower di Shanghai pada 2 – 6 November 2018. Acara ini waktu juga bersamaan dengan China International Import Expo di Shanghai di mana Indonesia menjadi Country of Honor.

Presiden Jokowi memberikan dukungan pada produk-produk Indonesia yang mengikuti Festival Belanja 11.11.***

Indonesia berharap agar keikutsertaannya pada Singles Day akan memberikan dampak positif pada upaya membangun nation branding dan supaya produk-produk Indonesia dapat lebih dikenal luas oleh masyarakat dunia. Selain itu, dengan upaya ini, diharapkan juga akan berdampak positif pada merek produk-produk Indonesia lainnya di luar 5 merek yang sudah ikut serta.

Pada festival ini, Presiden Joko Widodo juga memberikan dukungan melalui video promosi 5 merk produk Indonesia yang berpartisipasi dalam Festival 11.11 sekaligus mempromosikan pariwisata Indonesia, yang dapat diakses pada: https://pages.tmall.com/wow/jinkou/act/idn atau pada mobile app Tmall/Taobao.

(Sumber: KBRI Beijing)

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved