Sari Husada Dirikan Fasilitas R&D Nutrisi di Kota Gudeg

Produsen susu anak dan ibu hamil Sari Husada siang hari ini (18/7) meresmikan fasilitas penelitian dan pengembangan (litbang) terbarunya, Sari Husada R&D Nutrition Center di Yogyakarta. Berbicara di Yogyakarta di hadapan puluhan wartawan dari berbagai daerah, termasuk SWA, Jacques Bindel, Direktur Scientific R&D Asia Pasific Danone Baby Nutrition, memaparkan fasilitas yang berlokasi di areal pabrik Sari Husada seluas 2 hektar ini merupakan bagian dari jaringan pusat litbang internasional Danone yang diantaranya berlokasi di Belanda dan Paris.

Boris C. Bourdin President Director PT Sari Husada produsen susu SGM

Sari Husada yang diakuisisi Danone pada tahun 2007 saat ini melakukan  beberapa riset tentang nutrisi bekerja sama dengan beberapa institusi penelitian. Salah satunya riset NutriPlanet Study sejak 2009. Riset ini mengenai studi pemetaan kondisi nutrisi dan kesehatan ibu dan anak di Indonesia. Tujuan riset ini untuk mendapatkan rekomendasi pengembangan produk nutrisi sesuai kebutuhan masyarakat. Hasil riset NutriPlanet menunjukkan bahwa malnutrisi masih menjadi masalah utama di Indonesia. Kekurangan gizi masih menjadi masalah terbesar sedangkan tren obesitas juga meningkat cepat.

Karena itu beberapa lembaga digandeng untuk melakukan pengumpulan data terkait pola asupan nutrisi balita sebagai dasar peningkatan kualitas produk serta pengembangan produk baru. Southeasy Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) Regional Center for Food and Nutrition, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)-Jakarta dan Prodia, Persatuan Dokter Gizi Klinis Indonesia (PDGKI) Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada dan Institut Pertanian Bogor adalah beberapa lembaga yang digandeng Sari Husada untuk melakukan penelitian.

Sebagai contoh, dengan SEAMEO Sari Husada melakukan pengumpulan data terbaru tentang pola asupan nutrisi balita. Riset dengan IDAI dan Prodia  tentang studi klinis efek probiotik dalam nutrisi bayi dengan metode gut-flora analysis pertama di Indonesia. Riset dengan PDGKI tentang efektivitas bubuk multi nutrisi pada anak usia 1-5 tahun. Riset dengan SEAFAST dan IPB tentang karakteristik nutrisi dari bahan kedelai dengan teknologi untuk menciptakan rasa yang lebih enak untuk dikonsumsi anak-anak. Selain itu Sari Husada juga bekerja sama dengan Koperasi Anak Mandiri Sejahtera (KAMAS) yang didirikan IDAI mengembangkan produk susu berbahan kedelai untuk anak yang intoleran dan alergi susu sapi.
Berbagai hasil riset dengan lembaga-lembaga tersebut telah berkontribusi dalam melahirkan beberapa produk Sari Husada terbaru. Contohnya susu anak SGM Presinutri Soya yang berbahan dasar protein kedelai sebagai alternatif nutrisi untuk anak dengan intoleransi terhadap susu sapi. Produk ini dipasarkan dengan harga terjangkau untuk masyarakat menengah ke bawah.

Tak urung Boris Bourdin pun turut mengakui manfaat jalinan kerja sama Sari Husada dengan berbagai lembaga riset tersebut. " Inisiatif R&D kami dalam mendorong kerja sama riset dengan para ahli kesehatan lokal maupun komunitas ilmiah internasional sangat bermanfaat bagi kemajuan inovasi produk kami," pungkas lelaki  asal Perancis yang kini jadi Presiden Direktur Sari Husada itu.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)