Tahun 2012 Astra Siapkan Dana CSR Rp 400 Miliar

PT Astra International Tbk siap menggelontorkan dana untuk kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) senilai Rp 400 miliar tahun depan. Dana tersebut akan dipergunakan untuk program pendidikan, kesehatan, serta lingkungan.

Prijono Sugiarto, Presiden Direktur Astra menuturkan, setiap tahun Astra menyisihkan 3% dari profit perusahaan untuk menjalankan SCR. Dana tersebut dihimpun dari 156 perusahaan yang berada di bawah Grup Astra. “Kebanyakan program CSR Astra diselenggarakan di lokasi di mana anak-anak perusahaan Astra beroperasi,” ujar Prijono.

Beberapa kegiatan CSR Astra yang telah dan sedang dilakukan antara lain; pemberian bantuan berupa pembinaan di 8 sekolah yang terletak di Kecamatan Leuwiliang, Kebupaten Bogor mencapai lebih dari Rp 12 miliar. Bantuan korban gempa bumi Jawa Barat tahun 2009 sebesar Rp 3,15 miliar meliputi program jangkan pendek berupa makanan, pakaian, obat-obatan, tenda dan selimut di Kabupaten Garut, Bandung, dan Tasikmalaya.

Bantuan Toyota-Techinal Education Program (T-TEP) yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor sejak tahun 2006 hingga sekarang melalui pendampingan SMKN 6, Kliningan, Buah Batu, Bandung, dengan pemberian alat peraga, penyusunan kurikulum dan pelatihan guru. Kemudian PT Astra Daihatsu Motor memberikan bantuan mesin ke 10 sekolah di Jawa Barat. Selain itu, ADM juga membangun 3 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Desa Cibodas, Lembang, dan sumbangan buku bacaan dan alat permainan edukatif serta sumbangan mobil ambulan.

Prijono mengklaim, Grup Astra selalu mengedepankan pendekatan, yang dikenal dengan pendekatan 3P : Profit, Planet (Lingkungan), dan People (Masyarakat). Maksudnya, setiap Astra berbisnis selalu memperhatikan lingkungan dan masyarakat sekitarnya.

“Setiap perusahaan, outlet atau kantor cabang Group Astra berada harus memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya sesuai dengan salah satu butir filosofi Astra International, Catur Dharma yaitu; menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara dan moto Astra yakni sejahtera bersama bangsa,” katanya bangga. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)