Tantang 'Graymail', Microsoft Ciptakan Teknologi Terbaru

Hotmail bertekad untuk memerangi 'graymail' yang seringkali masuk ke inbox pribadi pengguna email. Menurut data Microsoft, 75% dari apa yang disebut 'spam email' sebenarnya adalah 'graymail'.

'Graymail' tidak memiliki definisi yang sama dengan 'spam', karena termasuk di dalamnya adalah email-email informasi yang didapatkan dengan cara berlangganan, newsletter, pengumuman massal dan materi-materi lainnya yang mungkin saja tidak diterima dengan kesadaran penuh oleh pengguna.

Hermawan Sutanto, Director and Central Marketing Organization PT Microsoft Indonesia mengatakan, email memang sudah merupakan platform komunikasi sehari-hari yang tidak terpisahkan dari proses interaksi sosial. Melihat fakta bahwa pengguna dapat terganggu karena graymail, maka Microsoft menciptakan solusi dengan menggunakan teknologi Trusted Sender dan SmartScreen yang mampu menyaring 5,5 miliar pesan-pesan spam dan graymail setiap hari.β€œHal ini merupakan bentuk komitmen Microsoft dalam memberikan layanan terbaik pada seluruh konsumennya dengan menjadi perusahaan penyedia layanan email terbaik di dunia,” terang Hermawan.

Hotmail berupaya merealisasikan inbox terbaik dengan menambahkan kapasitas simpan sebesar 1 petabyte per minggu, memberikan berbagai kelebihan pada fitur-fiturnya seperti: performa dengan kecepatan 10 kali lipat, penolakan terhadap konfigurasi password yang umum digunakan oleh publik, penyediaan kalender, dan agenda serta masih banyak lagi.

Data riset Radicati Group tahun 2011 menyebutkan bahwa sebanyak 75% dari seluruh pengguna akun email adalah akun personal untuk kepentingan pribadi yang rata-rata menerima 30-40 email per hari. Menurut catatan Microsoft, setiap individu rata-rata memiliki 2 -3 akun email dan lebih dari setengah total pengguna memeriksa email rata-rata lebih dari dua kali dalam sehari. Bahkan pengguna email yang sangat aktif akan membuka email mereka lebih dari 20 kali dalam satu hari. Kenyataannya, menurut laporan Symantec, 90% dari email-email yang beredar di internet dapat dikategorikan sebagai spam dan graymail di mana 50% diantaranya adalah bentuk newsletter dan pengumuman massal.

β€œInovasi dan investasi yang kami lakukan demi kenyamanan dan keamanan pengguna ini belum termasuk ratusan pakar IT yang bekerja penuh dedikasi bagi pengembangan Hotmail,” terangnya. Hotmail mampu meredam pesan-pean spam dari 33% menjadi hanya 5% saja dalam kurun waktu 2006-2009. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)