Listed Articles

Telkom Luncurkan Kampung UKM Digital

Telkom Luncurkan Kampung UKM Digital

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mendukung program pemerintah untuk kemajuan UKM Indonesia lewat program Kampung UKM Digital. Dalam program ini, Telkom menyasar wilayah urban atau kampung yang mana masyarakatnya merupakan kumpulan beberapa pelaku UKM. Tahun ini, Telkom menargetkan terealisasinya 7 Kampung UKM Digital dengan 1.400 pelaku UKM terlibat di dalamnya.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin mengatakan, salah satu program pengembangan UKM yang saat ini tengah berjalan yakni roadshow Program BAGUS Indonesia. Sebuah gerakan untuk membina aspirasi 1 juta UKM di seluruh Indonesia. Program BAGUS Indonesia sendiri berupa kegiatan edukasi langsung untuk memperkenalkan manfaat pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kepada pelaku UKM.

“Konsep Kampung UKM Digital adalah pemanfaatan TIK secara komprehensif dan terintegrasi untuk mendukung proses bisnis yang berjalan dalam satu kampung, sehingga para pelaku UKM yang ada semakin maju, mandiri, dan modern. Kampung UKM Digital ini melengkapi berbagai program pengembangan UKM yang sebelumnya sedang berjalan, seperti edukasi pemanfaatan TIK bagi UKM di 500 sentra UKM di berbagai kota, 20 Kampung Nelayan Digital, Roadshow BAGUS Indonesia di 30 kota,” kata dia dalam rilisnya saat peresmian Galeri UMKM Kelurahan Keranggan Setu Kota Tangerang Selatan.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin

Direktur Enterprise & Business Service Telkom, MuhammadAwaluddin

Menurut dia, perusahaan informasi dan komunikasi terbesar di Indonesia ini menargetkan masing-masing Divisi Regional Telkom memiliki minimal satu Kampung UKM Digital pada tahun ini. Nantinya, ada minimal tujuh Kampung UKM Digital. Jika masing-masing Kampung UKM Digital memiliki 200 pelaku UKM, maka 1.400 pelaku UKM dapat langsung menikmati pemasaran on-line, yang tentu saja akan meningkatkan nilai bisnis para pelaku UKM di Tanah Air. “Kami yakin bisa mencapai target 1 juta UKM yang terdigitalisasi hingga akhir tahun ini,” ujarnya.

Peluncuran Kampung UKM Digital bertempat di Galeri UMKM milik Koperasi Cipta Boga Kampung Keranggan, Setu Kota Tangerang Selatan. Telkom bekerja sama dengan Pemkot Tangerang Selatan meluncurkan Program Kampung UKM Digital dengan tema Kampung Keranggan Goes Digital. Awaluddin menjelaskan, Kampung Keranggan sebagai pilot project Kampung UKM Digital. Di Kampung Keranggan terdapat 200-an warga yang menjalankan bisnis snack atau makanan ringan, kripik pisang, enye singkong, opak, rengginang, dan lain-lain. Model produksi dan pemasaran yang dijalankan masih tradisional, dihimpun di galeri Koperasi Cipta Boga.

“Melalui program Kampung Keranggan Goes Digital ini, diharapkan pemasaran produk yang selama ini mengandalkan off-line, kini bisa dilakukan on-line. Pelaku UKM Kampung Keranggan dapat memanfaatkan aplikasi yang disediakan Telkom, seperti BosToko, Jarvis-Store, blanja.com dan www.smartbisnis.co.id,” lanjut dia.

Menyadari tantangan terberat dalam mentransformasi dari sistem pemasaran off-line menjadi on-line atau pemanfaatan internet, Telkom menyediakan Broadband Learning Center (BLC) di dalam Galeri UMKM Koperasi Cipta Boga. Melalui BLC ini, pendampingan dan edukasi pemanfaatan internet dapat dilakukan. Telkom juga mengangkat Wira Penggerak IT UKM dari salah seorang tokoh pemuda Kampung Keranggan untuk memudahkan proses sosialisasi. Sehingga nantinya, proses training dan pembelajaran TIK bisa dilakukan sendiri oleh masyarakat Kampung Keranggan.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved