Listed Articles CSR Corner Trends

Triputra Agro Donasi 3.000 Paket Sembako lewat Gerakan #BagiAsa

Co-founder & CEO Kedai Sayur Adrian Hernanto (tengah) menyerahkan donasi dari Triputra Agro kepada Co-founder CEO Katadata Metta Dharmasaputra (kiri), dan diteruskan kepada perwakilan dari Foodbank of Indonesi

PT Triputra Agro Persada memberikan 3.000 paket sembako senilai Rp 300 juta untuk warga yang terdampak pandemi Covid-19. Paket tersebut didistribusikan melalui market place Kedai Sayur dan diteruskan kepada Foodbank of Indonesia dalam Gerakan #BagiAsa.

Donasi dari Triputra Agro diberikan langsung oleh Co-founder & CEO Kedai Sayur Adrian Hernanto kepada Co-founder CEO Katadata Metta Dharmasaputra dan diteruskan kepada perwakilan dari Foodbank of Indonesia pada Senin 27 April.

Kedai Sayur adalah anak perusahaan Triputra Group yang bertujuan membantu pedagang sayur untuk meningkatkan bisnis mereka. Kedai Sayur mempermudah tukang sayur dalam pengadaan produk sayuran yang akan dijual ke konsumen akhir (rumah tangga). Marketplace ini terhubung dengan para petani produsen ataupun pemasok sayuran.

Arif Rachmat, Chairman PT Triputra Agro Persada.

“Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian PT Triputra Agro Persada terhadap situasi saat ini di mana banyak warga yang terkena dampak dari pandemi Covid-19,” kata Arif Rachmat, Chairman PT Triputra Agro Persada. 3.000 paket sembako akan diberikan kepada 3.000 warga di Jabodetabek yang distribusinya dilakukan oleh Foodbank of Indonesia dalam Gerakan #BagiAsa. “Kami memilih Foodbank of Indonesia karena lembaga tersebut sudah bepengalaman dalam menyalurkan bantuan,” ujar Arif sembari mengapresiasi Gerakan #BagiAsa — kolaborasi empat media: Katadata, Bisnis Indonesia, SWA dan KBR bersama kantor pengacara Hendra Soenardi, yang dalam pelaksanaannya berkolaborasi dengan Foodbank of Indonesia (FoI) dan Accelerice.

Arif menambahkan, gerakan ini merupakan bukti nyata kepedulian banyak pihak untuk membantu keluarga kurang mampu serta tenaga medis dari dampak penyebaran virus Covid-19.

Inisiatif #BagiAsa muncul dari keprihatinan terhadap kesulitan yang dihadapi masyarakat kurang mampu akibat penyebaran virus Covid-19. Sebagian besar dari masyarakat harus kehilangan mata pencaharian akibat PHK atau usaha yang dimiliki harus tutup karena tidak ada pembeli.

Tidak hanya masyarakat kurang mampu, gerakan #BagiAsa juga membantu tenaga medis melindungi diri dari tertular Covid-19 saat menjalankan tugasnya. Karena itu bantuan yang disalurkan melalui gerakan #BagiAsa ini tidak hanya digunakan untuk membeli makanan atau paket sembako, tapi juga alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis.

Pengelolaan dan pendistribusian bantuan dalam bentuk makanan dilakukan sepenuhnya oleh Foodbank of Indonesia (Foi) berdasarkan tata laksana yang ketat. FoI akan mengontrol kualitas makanan hingga penyaluran ke kelompok yang membutuhkan sesuai dengan SOP pencegahan penularan Covid-19 yaitu menghindari kerumunan hingga aspek higienis.

Jaringan relawan Foodbank of Indonesia akan mendistribusikan bantuan ke berbagai tempat. Sementara itu, kebutuhan makanan siap saji dilakukan oleh Accelerice. Dalam Gerakan #BagiAsa ini, Katadata, Bisnis Indonesia, SWA dan KBR akan melakukan kampanye dan publikasi melalui platform media sosial masing-masing media. Individu atau korporat yang ingin melakukan donasi dapat menyalurkan bantuan melalui Rekening Yayasan Lumbung Pangan Indonesia di Bank BNI: 2005202055.

Setiap donasi yang diterima dan disalurkan untuk Gerakan #BagiAsa akan diaudit oleh auditor independen. Selain itu, penyaluran bantuan secara rutin akan dilaporkan di kanal media Katadata, Bisnis Indonesia, SWA dan KBR, serta platform media sosial semua pihak yang terlibat dalam gerakan #BagiAsa.

Tentang #BagiAsaEmpat perusahaan media yakni Katadata, Bisnis Indonesia, SWA, dan KBR menggalang dana untuk membantu keluarga kurang mampu dan tenaga medis yang terdampak pandemi corona. Dana yang dikumpulkan akan digunakan untuk membeli sembako dan alat pelindung diri (APD). Untuk menggelar inisiatif yang disebut #BagiAsa, keempat media berkolaborasi dengan Foodbank of Indonesia (FoI), Accelerice, dan kantor pengacara Hendra Soenardi. Gerakan ini muncul dari keprihatinan atas kesulitan yang dihadapi warga miskin akibat penyebaran virus corona.

Katadata, Bisnis Indonesia, SWA dan KBR akan mengampanyekan dan memublikasikan gerakan tersebut melalui platform media sosial masing-masing. Individu atau korporat yang ingin menyalurkan bantuan dapat mengirimkannya melalui rekening Yayasan Lumbung Pangan Indonesia di BNI: 2005202055. Setiap donasi yang diterima dan disalurkan untuk gerakan #BagiAsa akan diaudit oleh auditor independen. Selain itu, penyaluran bantuan secara rutin akan dilaporkan di kanal keempat media, serta platform media sosial semua pihak yang terlibat.

swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved